Whatsapp-Button

11 Syafaat Nabi Muhammad SAW

Assalamualaikum Sahabat DUA, kali ini admin akan membahas tentang  “11 Syafaat Nabi Muhammad SAW” untuk umatnya. Syafaat adalah  pertolongan Nabi Muhammad SAW kepada umatnya atas izin Allah SWT.

Dalam kitab Bahjatul Wasail karya Syekh Nawawi Al-Bantani dikatakan bahwa syafaat Nabi Muhammad SAW tidak hanya satu, tetapi jumlahnya ada 11. Daripada penasaraan mari kita simak artikelnya!

Syafaat pertama

Yang pertama ialah syafaat dalam hal keputusan Allah ketika berada di alam Mahsyar, di waktu ini akan diputuskan apakah seseorang itu akan beruntung ataukah celaka.

Syafaat Kedua

Yaitu syafaat yang Allah berikan kepada seseorang yang seharusnya masuk neraka namun atas izin Allah ia tidak masuk ke neraka. Kehendak Allah ini adalah hak prerogratif, maka apapun bisa terjadi atas izin Allah SWT.

Syafaat Ketiga

Selanjutnya adalah syafaat untuk seseorang yang masuk neraka tetapi kemudian Allah keluarkan. Syafaat ini menunjukkan bahwa kadar dosa seseorang itu berbeda, maka seseorang akan merasakan siksa sesuai kadar dosanya. Begitu juga dengan lamanya siksa di neraka.

Syafaat Keempat

Syafaat yang keempat adalah syafaat bagi sekelompok orang yang masuk surga tanpa hisab. Sekelompok orang ini adalah sekelompok yang tanpa melalui perhitungan amal di yaumul hisab.

Syafaat Kelima

Selanjutnya adalah syafaat untuk umat Nabi Muhammad SAW dengan bentuk pengangkatan derajat di surga dalam hal ini bisa adalah proses naik derajat.

Syafaat Keenam

Syafaat keenam adalah syafaat yang diberikan kepada orang yang meninggal di Madinah. Seperti yang kita tahu bahwa Madinah adalah salah satu tempat yang dimuliakan Allah SWT.

Baca Juga:  Menipu Tuhan Dalam Beramal

Syafaat Ketujuh

Syafaat selnjutnya adalah syafaat untuk paman Nabi Muhammad SAW yaitu Abu Thalib yang diringankankan siksanya. Abu Thalib adalah paman Nabi yang sangat mencintai Nabi Muhammad SAW yang wujudnya terlihat hingga wafatnya Nabi.

Syafaat Kedelapan

Yaitu syafaat yang diberikan kepada orang-orang yang ahli membaca sholawat. Sholawat berarti mengingat Nabi dan memuji kemuliaan beliau, hal ini bisa menyebabkan kita mendapat syafaat dari Nabi Muhammad SAW.

Syafaat Kesembilan

Yaitu syafaat untuk orang yang timbangan amal baik dan buruknya sama. Orang yang memiliki tibangan sama tersebut maka tidak punya kecenderungan apakah masuk surge atau neraka, oleh karena itu orang seperti demikian akan mendapat syafaat.

Syafaat Kesepuluh

Yaitu syafaat berupa masuknya umat Nabi Muhammad terlebih dahulu daripada umat-umat lain. Ketika yaumul hisab maka manusia akan menunggu giliran masing-masing untuk dihitung amalnya. Maka umat Nabi Muhammad akan terlebih dahulu masuk daripada umat lain karena syafaat ini.

Syafaat Kesebelas

Syafaat yang terakhir adalah syafaat untuk umat Nabi Muhammad SAW yang masih memiliki dosa-dosa besar. Jenis syafaat ini tentu sesuai sesuai kehendak Allah SWT.

Penutup

Itulah 11 Syafaat Nabi Muhammad SAW untuk umatnya yang dapat kita ketahui. Setiap manusia pasti akan mengharapkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW maka dari itu marilah kita berusaha untuk menjadi bagian yang akan mendapatkan salah satu syafaat dari kesebelas syafaat di atas.

Sundanese, part of Darul Ulum Addiniyah.