20 Tips Sukses Memulai Bisnis Dari Nol

20 Tips memulai bisnis dari nol bagi pemula

Assalamualaikum sahabat DUA, kali ini saya akan sedikit sharing tentang 20 Tips sukses memulai bisnis dari nol bagi pemula.

Banyak sekali yang tertarik untuk terjun ke dalam dunia bisnis karena tergiur dengan keuntungan yang bisa di dapat. Tetapi tidak sedikit juga orang yang takut untuk memulai bisnis tersebut.

Bacaan Lainnya

Di bawah ini adalah tips yang bisa kamu lakukan untuk memulai suatu bisnis.

1. Yakin pada diri sendiri

Ketika kita menginginkan sesuatu haruslah yakin pada diri sendiri, termasuk dalam hal memulai bisnis. Dalam hal ini kamu jangan pernah takut gagal, jangan takut tidak berhasil. Semua hal melalui proses dan kamu harus yakin pada dirimu sendiri.

2. Persiapkan model bisnis yang akan dijalankan

Sebelum memulai bisnis tentunya kamu harus tahu apa bisnis yang akan kamu jalankan. Bisnis tersebu tentunya harus sudah melalui berbagai pertimbangan. Selain itu riset pasar juga di butuhkan dalam tahap ini.

3. Berpikir “Out of The Box”

Bisa saja bisnis yang ingin kamu jalankan adalah bisnis yang sudah ada. Dalam hal ini kamu harus berpikir out the box atau bisa di bilang bisnismu berbeda dari bisnis-bisnis lain. Ciptakan hal yang menarik masyarakat luas dengan keunikan produkmu.

4. Tentukan “Visi dan Misi”

Dalam hal berbisnis sudah dipastikan tujuan utamanya adalah mencari keuntungan, tetapi tujuan-tujuan lain juga harus kamu tetapkan. Dan bagaimana caranya mencapai tujuan tersebut.

5. Organisir diri sendiri

Saat kamu ingin memulai bisnis hal yang harus kamu organisir bukan hanya bisnismu atau mungkin calon-calon karyawanmu. Tetapi diri sendiri sebagai manajer dari bisnis juga harus di organisir. Kamu harus bisa mengambil keputusan dengan tepat.

6. Rajin membuat catatan

Catatan yang di maksud adalah saat ada kendala atau hal-hal yang harus di evaluasi. Hal ini di lakukan agar kamu bisa meningkatkan kualitas-kualitas dalam bisnismu.

7. Fokus pada satu bisnis dulu

Jika kamu ingin memulai suatu bisnis kamu harus fokus pada bisnis tersebut. Jangan dulu memikirkan bisnis lain yang membuat rencana awal menjadi terganggu.

8. Siap menghadapi kemungkinan terburuk

Dalam dunia bisnis tentu ada resikonya. Maka seorang pebisnis harus siap dalam menghadapi resiko tersebut. Tidak sedikit bisnis berjalan tetapi tidak sesuai rencana bahkan gagal. Tetapi kamu harus tetap opitimis dan selalu belajar dari kegagalan.

9. Terbuka terhadap setiap evaluasi

Ketika kamu sudah mengetahui hal-hal apa saja yang berkemungkinan untuk terjadi tidak sesuai rencana maka kamu harus terbuka. Dalam hal ini kamu harus bersiap untuk melakukan strategi lain dan mengevaluasi setiap kesalahan pada bisnismu.

10. Terus belajar dan jangan cepat puas

Seorang pebisnis yang baik adalah yang selalu belajar. Bisnis yang di jalankan adakalanya berjalan sesuai rencana bahkan melampaui hingga statusnya menjadi untung besar. Tetapi dalam hal ini kamu di tuntut untuk tidak mudah merasa puas. Seharusnya kamu terus menerus meningkatkan kualitas produkmu.

11. Bisnis yang disukai dan di kuasai

Bisnis yang di jalankan akan lebih mudah mencapai tujuan jika bisnis tersebut adalah bisnis yang kamu suka dan tentu anda menguasainya. Dengan seperti itu kamu akan lebih mudah dalam mencapai target.

12. Siapkan modal

Modal sangat penting dalam suatu bisnis, jika kamu tidak punya modal maka kamu tidak akan bisa memulai suatu bisnis. Modal dalam hal ini adalah modal berupa dana yang harus kamu persiapkan jika memang bisnis itu memerlukan modal banyak.

13. Pandai melihat peluang

Bagi seorang yang ingin memulai bisnisnya haruslah pandai dalan melihat peluang. Hal ini berkaitan dengan keuntungan yang akan kamu dapat.

14. Targeting

Kamau harus memutuskan target apa saja yang ingin kamu capai. Target tersebut menjadi pemicu agar kamu semangat dan memaksimalkan diri dalam menjalani usaha tersebut.

15. Persiapkan operasional

Operasional disini artinya adalah hal-hal yang kamu persiapkan untuk menjalankan bisnismu. Bisa jadi sebuah tempat, peralatan dan perlengkapan untuk operasional bisnismu nanti.

16. Siapkan SDM berkualitas

Selanjutnya adalah SDM atau sumber daya manusia. Jika bisnismu tidak bisa dilakukan sendiri maka kamu harus menyiapkan SDM yang mumpuni yang menguasai dunia hisnis tersebut.

17. Pahami kompetisi

Bisnis akan selalu mengalami perkembangan, itu semua karena dunia bisnis itu seperti sebuah kompetisi. Maka kamu harus berusaha untuk selalu meningjatkan kualitas bisnismu.

18. Action

Dalam hal ini kamu harus benar-benar memulai dan lakukanlah semua sesuai rencana. Di tahap ini tunjukkan aksimu dalam dunia bisnis hingga targetmu bisa tercapai.

19. Promosi

Promosi juga penting dalam memulai bisnis, hal ini agar bisnismu dapat dijangkau oleh banyak orang. Jika kamu pandai mempromosikan bisnismu maka akan banyak calon-calon pembeli dari produkmu.

20. Berikan service excelence

Istilah pembeli adalah raja harus bisa diaplikasikan dalam bisnismu. Berikan pelayanan yang baik kepada para konsumen yang tertarik dengan produkmu. Pelayanan yang baik akan memberikan kesan tersendiri bagi konsumen agar merasa puas dengan produk kamu.

Penutup.

Itulah 20 Tips sukses memulai bisnis dari nol bagi pemula yang bisa kamu praktekkan, mulailah bisnismu sekarang juga. Jadilah pengusaha yang sukses dengan terus belajar dan belajar. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Baca Juga 10 Peluang Usaha Modal 10 Juta Untung Besar

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *