Whatsapp-Button

3 Golongan tak Dipedulikan Allah di Hari Kiamat

Apakah Anda benar-benar seorang Muslim yang miskin dan sombong?Jika demikian, maka segera mulai merubah karakter tersebut. Pasalnya, Anda bisa menjadi 3 golongan tak dipedulikan yang Allah tidak akan melihatnya di hari kiamat.

Sebagaimana keterangan dari kitab Riyadhush Shalihin

أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى قَالَ حَدَّثَنَا يَحْيَى عَنْ ابْنِ عَجْلَانَ قَالَ سَمِعْتُ أَبِي يُحَدِّثُ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثَلَاثَةٌ لَا يُكَلِّمُهُمْ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ يَوْمَ الْقِيَامَةِ الشَّيْخُ الزَّانِي وَالْعَائِلُ الْمَزْهُوُّ وَالْإِمَامُ الْكَذَّابُ

Artinya: Telah mengabarkan kepada kami Muhammad bin Al Mutsanna dia berkata, telah menceritakan kepada kami Yahya dari Ibnu ‘Ajlan dia berkata, Aku mendengar Bapakku bercerita dari Abu Hurairah dia berkata, Rasulullah bersabda, “Tiga golongan yang tidak akan Allah mengajarkannya berbicara pada hari kiamat: seorang yang sudah tua berzina, orang miskin namun sombong, dan pemimpin yang pendusta.” (HR An Nasai).

Tiga golongan manusia yang tidak Allah ajak bicara di hari kiamat, Allah memandangnya dan Allah tidak Mensucikannya dari dosa-dosa mereka dan bagi mereka azab yang pedih. Yaitu Orang yang sudah tua renta berzina, pemimpin pendusta dan orang fakir yang sombong dan melecehkan orang lain.

Dalam kitab Irsyadul ibad hal 76

Selain tiga golongan tersebut, Rasulullah SAW menjelaskan kembali kelompok yang tidak dipandang Allah SWT saat hari kiamat.

Imam muslim telah menyampaikan riwayat hadis dari sahabat Abu Zarin radhiallahu anhu bahwasanya nabi pernah bersabda “ada tiga macam manusia yang tidak akan Allah lihat besok di hari kiamat tidak pula Allah bersihkan dosa-dosanya serta baginya ini mendapatkan siksaan yang Pedih.”

Baca Juga:  Niat Zakat

Sahabat Abu dzarin berkata setelah mengucapkan ini nabi mengulang kembali ucapannya sampai tiga kali. Saya berkata “sungguh rugi orang-orang tersebut. ” kemudian saya bertanya “wahai Rasulullah Siapakah mereka?”. Nabi pun menjawab “orang yang menyombongkan diri dengan pakaiannya orang yang mengungkit kebaikan dan orang yang menjual barang dagangan dengan cara sumpah palsu.”

Imam Tabrani dan Imam Al Baihaqi telah menyampaikan sebuah riwayat “bahwasanya ada tiga orang yang Allah tidak akan melihatnya besok di hari kiamat dan tidak pula Allah bersihkan dosanya serta mereka itu mendapatkan siksaan yang pedih mereka adalah orang tua yang melakukan zina, orang kafir yang sombong dan seorang yang menjadikan nama Allah untuk membantu penjualan harta dagangan dia ini tidak menjual dan tidak membeli barang kecuali dengan sumpah.”

Bagaimana agar terhindar dari 3 golongan yang tidak dipedulikan Allah saat hari kiamat?


Bagi yang tidak mau masuk golongan yang termasuk , segera panjatkan doa kepada Allah SWT. Selain itu, sunnah yang telah Rasulullah SAW ajarkan untuk mengamalkannya dengan sungguh-sungguh.

Dalam Al – Qur’an, Nabi SAW memerintahkan umatnya untuk menjaga semua amalan, terutama shalat. Amalan shalat telah menjadi hal pertama yang di pertanyakan pada hari-hari akhir. Dalam riwayatnya Abu Hirairah ra

وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – ، قَالَ : قاَلَ رَسُولُ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – : (( إنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ بِهِ العَبْدُ يَوْمَ القِيَامَةِ مِنْ عَمَلِهِ صَلاَتُهُ ، فَإنْ صَلُحَتْ ، فَقَدْ أفْلَحَ وأَنْجَحَ ، وَإنْ فَسَدَتْ ، فَقَدْخَابَ وَخَسِرَ ،فَإِنِ انْتَقَصَ مِنْ فَرِيضَتِهِ شَيْءٌ ، قَالَ الرَّبُ – عَزَّ وَجَلَّ – : اُنْظُرُوا هَلْ لِعَبْدِي مِنْ تَطَوُّعٍ ، فَيُكَمَّلُ مِنْهَا مَا انْتَقَصَ مِنَ الفَرِيضَةِ ؟ ثُمَّ تَكُونُ سَائِرُ أعْمَالِهِ عَلَى هَذَا ))

Baca Juga:  Malam Nisfu Sya'ban

Artinya: Abu Hurairah RA berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya penghisaban amal yang pertama kali pada seorang hamba pada hari kiamat adalah salatnya. Maka, jika salatnya baik, sungguh ia telah beruntung dan berhasil. Dan jika salatnya rusak, sungguh ia telah gagal dan rugi. Jika berkurang sedikit dari salat wajibnya. Maka Allah Ta’ala berfirman, ‘Lihatlah apakah hamba-Ku memiliki salat sunnah.’ Maka sempurnakanlah apa yang kurang dari shalat wajibnya. Kemudian begitu pula dengan seluruh amalnya.” (HR Tirmidzi).

Semoga setelah membaca ini, Anda dapat lindungan dari 3 golongan tak dipedulikan yang tidak melihat Allah SWT di hari hari kiamat dengan selalu mengedepankan upaya terbaiknya.

Ponpes Darul Ulum Addiniyah - Melayani dan Bermanfaat Bagi Banyak Orang