3 Kemuliaan yang Allah تعالى Berikan kepada Kita

Dalam kitab Syarah Hikam karya Syekh Ibnu ‘Atoillah Assakandari. Allah telah memberikan 3 kemuliaan untuk kita dengan kita melakukan dzikir.

1. Sebab Dzikir

Allah telah menjadikan kita sebagai orang yang mampu berdzikir baik dengan lisan kita, dengan ibadah kita baik yang lahir maupun yang batin. Dan alasan kita mampu untuk berdzikir sebab anugerah Allah تعالى. Karena pada dasarnya kita adalah orang yang tenggelam dalam kekurangan, kemalasan dan kehampaan. Sebab kemampuan berdzikir inilah adalah sebuah anugerah dan kenikmatan yang Allah تعالى berikan kepada Kita.

Bacaan Lainnya

Iqodul Himam

Dalam sebuah hadits bahwa Rasulullah ﷺ pernah bersabda: “Tidaklah setiap hari kecuali Allah telah menetapkan nikmat pada hari itu, nikmat itu akan Allah berikan kepada hamba-Nya. Tidak ada nikmat dari Allah yang lebih utama dari pada Allah تعالى memberikan kemampuan berdzikir kepada hamba-Nya.”

2. Dikenal Orang

Maksud dari dikenal orang ialah makhluk Allah تعالى menyebut-nyebut kita sebagai walinya Allah, makhluknya Allah dan ahli dzikir. Sebab itu Allah تعالى memasukkan keistimewaan-Nya pada kita, yakni berupa cahaya yang dzikir yang menerangi lahir maupun batin Kita sehingga Kita memiliki keistimewaan dan menjadi makhluk pilihan Allah تعالى. Semisalnya para ulama dan orang-orang saleh yang telah wafat, namun banyak makhluk-makhluk yang mengingat beliau karena Allah تعالى. Bahkan pujian dan mengingat kebaikan beliau tidak terputus begitu pula do’a dipanjatkan kepada beliau tidak akan pernah berhenti. Sebab di kenal orang ini bermula dari seseorang itu banyak berdzikir kepada Allah تعالى.

3. Diingat oleh Allah تعالى

Allah تعالى itu menjadikan kita sebagai hamba yang Allah تعالى mengingat kita di sisinya. Berdasarkan hadits qudsi “Siapa yang meningkat-Ku dalam dirinya, Aku pun akan mengingatnya dalam diri-Ku. Siapa yang mengingat-Ku dalam keramaian maka Saya pun mengingatnya di tempat keramaian yang lebih baik dari keramaiannya.”

Karena Allah تعالى mengingat kita ini adalah kenikmatan yang paling agung dan menjadi penyebabnya adalah Engkau mengingat-NYA.

Iqodul Himam

Menurut Imam Hasan pengarang Kitab Iqodul Himam ini “manakala umurmu atau waktumu Engkau gunakan untuk ingat kepada Allah تعالى maka umurmu itulah akan menjadi umur yang berkualitas.”

Itulah 3 kemuliaan yang Allah berikan kepada Kita menurut Syekh Ibnu ‘Atoillah Assakandari dalam Kitab Hikam.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *