3 Penyebab Ilmu Tidak Bermanfaat

Assalamualaikum sahabat DUA..Kali ini saya akan membahas tentang 3 penyebab ilmu tidak bermanfaat.

Allah Swt mewajibkan mencari ilmu mulai dari buaian hingga liang lahat. Perintah ini wajib bagi setiap umat muslim.

Bacaan Lainnya

Manusia mencari ilmu untuk kemudian bisa di manfaatkan. Baik untuk dirinya sendiri, untuk orang lain bahkan agama.

Ilmu sifatnya luas, tidak terbatas pada ilmu agama saja. Ilmu yang bersifat duniawi juga perlu kita kuasai.

Tetapi dalam hal ini ilmu agama menjadi ilmu utama bagi seorang muslim. Pasalnya ilmu agamalah yang orientasinya untuk akhirat.

Ilmu agama menjadi syarat utama dalam kehidupan orang muslim. Karena setiap perbuatan dan perilaku sudah di atur dalam ilmu agama itu sendiri.

Dimana ilmu agama memiliki aturan atau syariat tersendiri. Tentu syariat yang cenderung mengajak manusia kepada hal yang lebih baik juga diridhoi Allah Swt.

Seorang yang memiliki ilmu akan menjadi orang yang bermanfaat di kemudian hari. Namun ada juga ilmu yang tidak bermanfaat karena beberapa hal.

Dalam hal ini akan di bahas mengenai amalan-amalan yang menyebabkan ilmu tidak bermanfaat menurut kitab Nashoihul Ibad karya Syeh Nawawi Al-Bantani.

3 amalan yang menyebabkan ilmu tidak bermanfaat:

1. Mencintai dunia

Dunia merupakan salah satu ciptaan Allah Swt. Dunia memiliki sesuatu yang bisa membuat manusia terlena. Seringkali manusia terlalu mencintai dunia dan lupa kepada Allah.

Dengan perkara dunia seperti harta, kedudukan, jabatan atau pun keturunan seringkali menjadi penyebab kesombongan.

Terlalu mencintai dunia akan menyebabkan ilmu tidak bermanfaat. Walau pun hidup di dunia tetapi kita di tuntut untuk beramal yang orientasinya untuk akhirat.

Orang yang diridhoi Allah adalah orang yang beramal hanya berharap ridho Allah bukan untuk kepentingan duniawi.

Maka agar ilmu kita bermanfaat, jangan sampai terlalu cinta kepada dunia, karena itu bisa menurunkan keimanan kita sehingga menyebabkan ilmu tidak bermanfaat.

2. Berteman dengan setan

Maksud dari berteman dengan setan adalah menuruti nafsu. Setan mempunyai misi untuk menjerumuskan pada jalan yang dimurkai Allah. Ketika kita menurutinya maka ilmu yang kita miliki tidak akan bermanfaat.

Melakukan kemaksiatan dengan dan tidak taat kepada Allah termasuk menuruti keinginan setan. Setan mengganggu manusia untuk lupa terhadap kewajibannya sebagai muslim.

Allah memerintahkan kita untuk melawan hawa nafsu yang berasal dari setan. Salah satunya dengan berdzikir atau mengingat Allah.

Membaca Al-Qur’an dan belajar agama juga bisa mengendalikan diri dari kemaksiatan. Terlebih jika kita berusaha mengamalkan ilmu yang sudah kita dapatkan dari guru-guru kita. Dengan itu ilmu kita akan lebih bermanfaat.

3. Menyakiti orang lain

Sebagai makhluk Allah Swt kita harus memiliki hubungan baik dengan Allah sebagai sang pencipta (hablu minalllah). Selain itu kita juga diharuskan untuk berhubungan baik dengan sesama manusia (hablu minannaas).

Berhubungan baik dengan manusia dengan cara memperlakukan sama antara satu dan yang lainnya. Tidak menyakiti hati orang lain, walaupun tidak sependapat dengn kita. Dan berusaha menjaga perasaannya.

Berterimakasih kepada manusia sama dengan berterima kasih atau bersyukur kepada Allah. Maka hal itu adalah perbuatan yang wajib.

Kepada sesama manusia harus bisa menghormati dan menyayangi agar ilmu yang kita miliki bermanfaat.

Penutup

Itulah 3 penyebab ilmu tidak bermanfaat. Maka hindarilah amalan-amalan tersebut dan amalkanlah ilmu-ilmu yang kita miliki agar ilmu kita menjadi bermanfaat.

Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah Swt. Aamiin.

Baca juga: Ilmu yang bermanfaat menurut Hikam

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *