5 Kesalahan dalam bermedia sosial

Assalamualaikum sahabat Dua, kali ini saya akan berbagi mengenai 5 kesalahan dalam bermedia sosial. Secara tidak sadar beberapa hal ini sering di lakukan lho, dan hal ini bisa fatal akibatnya.

Mau tau apa saja 5 kesalahan tersebut?

Yuk simak artikel ini sahabat!

Di era milenial ini siapa yang tidak kenal media sosial, hampir semua orang di seluruh dunia mengenal. Bahkan usia tidak menjadi batasan.

Media sosial bisa diakses dengan mudah bagi siapapun tentu dengan kebutuhan yang berbeda-beda. Media sosial lebih di kenal dengan sarana untuk menjalin komunikasi secara tidak langsung.

Seseorang bisa berinteraksi dengan orang lain melalui media sosial tanpa tatap muka secara langsung. Media sosial sangat memudahkan aktivitas manusia untuk saat ini. Seseorang bisa mengakses media sosial untuk mengenal orang satu sama lain.

Atas kemudahan akses bermedia sosial ini seseorang bisa secara tidak sadar melakukan hal-hal yang tidak seharusnya. Media sosial merupakan media publik yang bisa di akses banyak orang maka penggunaannya pun harus hati-hati.

Berikut ini 5 kesalahan bermedia sosial yang harus di hindari oleh sahabat:

1.Menyebar hoax atau berita bohong

Hoax atau berita bohong yang tidak bisa di pastikan kebenarannya seharusnya tidak di publikasikan di media sosial. Media sosial yang bersifat global ini sifatnya sensitif, semua orang bisa membaca apapun yang dipublikasikan.

Berita hoax akibatnya bisa fatal, bisa mempengaruhi banyak pihak dan menyebabkan unsur kebencian bagi pihak-pihak tertentu.

2. Curhat berlebihan dan menyindir orang lain

Salah satu dari 5 kesalahan dalam bermedia sosial lainnya adalah curhat berlebihan dan menyindir orang lain. Dengan satu postingan di media sosial bisa di komentari oleh banyak orang.

Maka sebagai pengguna media sosial yang benar sebaiknya tidak curhat atau menceritakan banyak hal di media sosial terlebih yang sifatnya privasi atau menyindir seseorang dengan menyebutkan pihak-pihak yang terlibat.

3. Mengunggah sesuatu berunsur sara

Idealnya media sosial di gunakan untuk mengunggah atu memposting sesuatu yang informatif dan bermanfaat, tetapi tidak sedikit juga yang mempublikasikan sesuatu yang berunsur sara atau tidak sesuai dengan nilai normatif.

Hal ini bisa memunculkan pengaruh buruk bagi pengguna media sosial lainnya. Selain itu orang yang melakukan hal ini juga bisa terancaman hukuman.

4.Tidak jadi diri sendiri di media sosial

Salah satu manfaat media sosial adalah untuk mengenal satu sama lain, maka dari itu seharusnya kamu bisa menjadi dirimu sendiri.

Ketika kamu mengespresikan diri di media sosial tetapi tidak sesuai dengan kondisi aslimu maka akan menimbulkan kesan buruk.

Orang lain akan memberikan nilai buruk dan bisa jadi menimbulkan kebencian.

5. Melakukan berbagai cara agar bisa viral

Selain bisa mendapatkan banyak teman dan jaringan, media sosial juga bisa membuatmu terkenal atau viral. Salah satu kesalahan dalam bermedia sosial adalah ketika kamu ingin di kenal banyak orang tetapi kamu melakukan cara yang tidak sesuai.

Agar kamu bisa viral di media sosial kamu bisa mempublikasikan prestasimu atau karya-karyamu, bukan dengan melakukan berbagai cara yang di anggap mengganggu seperti menjelek-jelekkan suatu pihak, melakukan aksi yang tidak benar atau melakukan hal-hal yang mengganggu banyak orang.

Penutup

Itulah 5 kesalahan dalam bermedia sosial, sebaiknya sebagai pengguna media sosial yang baik kita memperhatikan hal-hal tersebut. Manfaatkan media sosial dengan baik sesuai fungsinya dan sebarkan sesuatu yang informatif dan bermanfaat bagi banyak orang.

Baca juga : Apa itu CONTENT WRITER?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *