5 Tips Agar Semangat Belajar

Assalamualaikum sahabat DUA, ada yang sedang malas belajar?Berikut ini saya akan berbagi tentang 5 tips agar semangat belajar. Yuk kita simak teman-teman!

Belajar merupakan kegiatan yang wajib, terlebih dalam agama Islam. Atas kewajiban itu tentu setiap orang haruslah mengerjakannya.

Belajar bukan hanya terbatas di dunia sekolah, tetapi segala aktifitas kita adalah sebuah pembelajaran.

Segala sesuatu pasti terdapat ujiannya, termasuk dalam belajar. Seringkali kita merasa bosan dan malas saat melakukan aktifitas yang satu ini. Akibatnya ilmu-ilmu yang di pelajari sulit untuk di pahami.

Hal tersebut merupakan sesuatu yang wajar dan dialami oleh banyak orang. Ketika sudah terjadi hal seperti itu maka yang harus di lakukan adalah mencari motivasi untuk semangat belajar.

Motivasi tersebut bisa kita dapatkan dari diri sendiri dengan melakukan hal-hal berikut:

1.Tentukan target belajar

Hal pertama yang harus di lakukan adalah menentukan target. Ketika kamu mempunyai tujuan, maka kamu harus membuat target. Dengan target tersebut maka akan semakin besar kekuatan kita dalam mencapai keberhasilan.

Dengan adanya target kita dapat mengetahui hal-hal apa yang harus kita lakukan, dalam hal belajar kita akan tahu pelajaran mana yang harus kita pahami.

2.Menghilangkan distraksi

Menghilangkan distraksi maksudnya menjauhkan diri dari hal-hal yang mengganggu saat belajar. Jika kamu termasuk orang yang mudah terganggu, maka kamu harus sebisa menghindari gangguan tersebut.

Hal yang mengganggu tersebut bisa jadi tempat yang kotor, suara bising, atau handphone.

Maka kamu harus terlebih dahulu membersihkan tempat untuk belajarmu juga mencari tempat yang tenang untuk belajar. Untuk sementara handphone bisa kamu matikan terlebih dahulu atau kamu silent.

Dengan seperti itu maka kamu akan lebih konsentrasi dalam belajar.

3.Tentukan metode belajar

Agar lebih semangat belajar maka kamu harus menentukan metode belajar yang kamu sukai. Terkadang kamu merasa bosan dengan metode yang diberikan gurumu, maka ketika belajar mandiri kamu tentukan sendiri metodenya seperti apa.

Buat suasana belajarmu menjadi sangat nyaman dan menyenangkan dengan metode yang kamu tentukan

4.Cari partner belajar

Terkadang belajar sendiri itu cepat membuat bosan, ketika belajar sendiri pun tidak ada partner yang memberimu motivasi belajar. Maka yang harus di lakukan adalah cari partner belajar agar belajarmu lebih menyenangkan.

Pastikan partnermu adalah orang yang bisa memberimu motivasi dan juga bisa membantumu dalam memahami pelajaran.

5.Berikan self rewards

Selanjutnya adalah self reward, mungkin kedengarannya sangat sederhana tetapi apresiasi terhadap diri kamu itu sangat penting.

Ketika belajarmu sudah sesuai target maka tidak ada salahnya untu memberikan sedikit penghargaan terhadap dirimu sendiri.

Hal ini akan menjadikan kamu lebih semangat lagi dalam belajar

Penutup

Itulah 5 tips agar semangat belajar, tentu dalam belajar selalu ada rasa bosan dan malas. Semoga artikel ini bermanfaat

Baca juga : 3 Penyebab ilmu tidak bermanfaat

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *