Tafsir Surah Al-kahfi Ayat 32

Tafsir Al-Kahfi ayat 32

Assalamualaikum, kali ini penulis ingin melanjutkan kajian tafsir dari yang sebelumnya yaitu Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 32. Sebelum membaca tafsirnya menurut 4 tafsir mari kita baca terlebih dahulu ayat beserta terjemahnya :

۞وَٱضۡرِبۡ لَهُم مَّثَلٗا رَّجُلَيۡنِ جَعَلۡنَا لِأَحَدِهِمَا جَنَّتَيۡنِ مِنۡ أَعۡنَٰبٖ وَحَفَفۡنَٰهُمَا بِنَخۡلٖ وَجَعَلۡنَا بَيۡنَهُمَا زَرۡعٗا  ٣٢

Bacaan Lainnya

Artinya :

“Dan berikanlah kepada mereka sebuah perumpamaan dua orang laki-laki, Kami jadikan bagi seorang di antara keduanya (yang kafir) dua buah kebun anggur dan kami kelilingi kedua kebun itu dengan pohon-pohon korma dan di antara kedua kebun itu Kami buatkan ladang.”

Tafsir Jalalain Surah Al-Kahfi Ayat 32

Allah Swt. memerintahkan baginda nabi Saw.”Hendaklahlah engkau menjadikan orang-orang kafir bersama dengan orang-orang mu’min sebagai sebuah perumpamaan yakni perumpamaan 2 orang laki-laki.

Kami telah menjadikan salah satu dari 2 orang itu yakni orang kafir adanya 2 buah kebun yang berupa kebun tanaman anggur yang kami keliling,

2 kebun itu dengan tanaman kurma serta kami menjadikan ke 2 kebun anggur itu adanya tanaman yang bisa di ambil untuk mendapatkan kekuatan.

Tafsir Ibnu Katsir Surah Al-Kahfi Ayat 32

Setelah Allah Swt menurturkan keadaan orang-orang musyrik yang menyombongkan diri

dengan tidak mau duduk bersama kaum lemah dan miskin dari kalangan orang-orang muslim

serta orang-orang musyrik itu menjadi sebuah perumpamaan 2 orang yakni 2 orang yang keduanya itu ibarat 2 buah kebun dari tanaman anggur

yang ke 2 kebun ini di kelilingi oleh pohon kurma dan di tengah 2 kebun ini muncul tanaman-tanaman yang bisa berbuah dan tumbuh.

Perumpamaan yang Allah beri kepada orang-orang musyrik adalah perumpamaan yang menunjukkan

betapa Allah itu sangat dermawan kepada semua makhluknya sekalipun dalam keadaan musyrik.

Tafsir Munir Surah Al-Kafhi Ayat 32

Bahwa melalui ayat ini  sekalipun ada orang-orang kafir sekalipun ia menentang kebenaran Islam tapi oleh Allah mereka ini tetap pada setiap waktu Allah memberikan kesempatan untuk bisa mengambil manfaat selama hidup di dunia dan kemanfaatan mereka ini adalah kemanfaatan yang saling terkait.

Tafsir Baidhowi Surah Al-Kahfi Ayat 32

Melalui ayat ini Allah Swt bahwa keberadaan orang kafir dari kalangan bani ma’sum yang hidup

berdampingan dengan orang-orang muslim mereka saling memberikan manfaat antara satu dengan yang lain

dengan memanfaatkan yang sifatnya duniawiyah semisal bersama-sama untuk memakmurkan tempat tinggal yang menghuni bersama.

Baca Juga : Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 33

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *