Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 47

Tafsir Al-Kahfi Ayat 47

Assalamualaikum, kali ini kami akan melanjutkan kajian tafsir dari yang sebelumnya. Yakni Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 47. Sebelum membaca 4 tafsir mari kita baca terlebih dahulu ayat beserta terjemahannya menurut Al-Qur’an Kemenag

Bacaan Lainnya

Q.S Al-Kahfi : 47

وَيَوْمَ نُسَيِّرُ الْجِبَالَ وَتَرَى الْأَرْضَ بَارِزَةً وَحَشَرْنَاهُمْ فَلَمْ نُغَادِرْ مِنْهُمْ أَحَدًا

“Dan (ingatlah) pada hari (ketika) kami menjalankan gunung-gunung dan engkau akan melihat bumi itu rata dan kami kumpulkan mereka (seluruh manusia), dan tidak kami tinggalpun dari seorang mereka.”

Tafsir jalalain Surat Al-Kahfi Ayat 47

Allah swt memerintahkan kepada Baginda Nabi dan seluruh umatnya semua tentang kejadian bumi menjelang hari kiamat “ingatlah wahai Muhammad, pada suatu hari nanti yang ketika itu Kami (Allah) menjalankan gunung yakni pada saat kiamat akan terjadi.

Kami (Allah) akan menghilangkan gunung-gunung pada atas bumi ini sehingga gunung yang menjulang tinggi itu berubah menjadi debu yang berhambur-hamburan dan engkau akan melihat bumi itu dalam keadaan datar.

Yakni dalam keadaan rata yang di atasnya tidak ada lagi sesuatupun baik berupa gunung maupun selainnya. Dan pada hari itu pula Kami akan mengumpulkan seluruh umat manusia baik yang iman maupun kafir. Sehingga Kami-pun tidak meninggalkan seorangpun dari manusia itu yang tersisa di dunia ini.

Tafsir Ibnu katsir Surat Al-Kahfi Ayat 47

Ayat ini merupakan informasi dari Allah tentang menaklutkannya proses terjadinya hari kiamat dan informasi tentang kejadian-kejadian yang dahsyat di dunia ini pada saat hari kiamat.

Di antaranya adalah gunung-gunung yang ada di dunia ini semuanya akan bergeser dari tempatnya dan akhirnya pun sirna menjadi rata seperti bagian bumi yang lain.

Pada saat itulah semua makhluk Allah merasa ketakutan yang luar biasa kepada Tuhan mereka. Dan saat itupun bumi tidak ada lagi bangunan dan tidak ada lagi pepohonan.

Mereka ini dari kalangan umat manusia semuanya akan Kami kumpulkan dalam kematian mulai manusia zaman awal sampai akhir baik yang kecil maupun yang besar.

Tafsir Munir Surat Al-Kahfi Ayat 47

Nabi Muhammad saw beserta para umatnya di ingatkan oleh Allah tentang kejadian di akhir zaman menjelang hari kiamat bahwasanya bagian-bagian dari gunung semuanya akan hancur lebur menjadi debu yang bertebaran.

Dan saat itulah bumi tidak ada lagi gunung, tanaman bangunan, binatang, tempat berteduh, maupun lautan-lautan. Selanjutnya manusia akan dibangkitkan dari kuburnya dan dikumpulkan untuk mengalami proses hisab.

Pada saat inilah tidak ada satupun untuk manusia mulai awal sampai akhir yang tertinggalkan.

Tafsir Baidhawi Surat Al-Kahfi Ayat 47

Lafadz ini di atofkan pada lafadz  الْبَاقِيَاتُ الصَّالِحَاتُ sehingga maknanya adalah saat terjadinya hari kiamat merupakan awal kehidupan yang baik bagi orang-orang yang beriman yang memiliki الْبَاقِيَاتُ الصَّالِحَاتُ.

Penutup

Demikianlah kajian 4 tafsir dari Surah Al-Kahfi Ayat 47. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Juga : Tafsir Surah Al-Kahfi ayat 48

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *