Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 78

Tafsir Al-Kahfi Ayat 78

Assalamualaikum, kali ini kami akan melanjutkan kajian tafsir dari yang sebelumnya. Yakni Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 78. Sebelum membaca 4 tafsir mari kita baca terlebih dahulu ayat beserta terjemahannya menurut Al-Qur’an Kemenag

Q.S. Al-Kahfi : 78

قَالَ هٰذَا فِرَاقُ بَيْنِيْ وَبَيْنِكَۚ سَاُنَبِّئُكَ بِتَأْوِيْلِ مَا لَمْ تَسْتَطِعْ عَّلَيْهِ صَبْرًا

Bacaan Lainnya

 Artinya:

Dia berkata, “Inilah perpisahan antara aku dengan engkau; aku akan memberikan penjelasan kepadamu atas perbuatan yang engkau tidak mampu sabar terhadapnya.

Tafsir Jalalain Surat Al-Kahfi Ayat 78

Setelah Kejadian ini maka Nabi Khidir pun berkata kepada Nabi Musa a.s “Inilah waktunya perpisahan antara saya dan engkau. Saya (Nabi Khidir) akan menceritakan kepada engkau sebelum perpisahan antara saya dan engkau tentang ta’wil atau penjelasan segala sesuatu yang engkau belum mampu untuk bersabar.”

Tafsir Ibnu Katsir Surat Al-Kahfi Ayat 78

Bahwa waktu kejadian membunuh anak kecil Nabi Khidir sudah memberikan syarat terakhir jika bertanya kembali maka beliau akan melarang Nabi Musa untuk berjalan bersama.

Dengan kejadian meminta upah yang di ajukan oleh Nabi Musa maka mulai peristiwa inilah terjadi perpisahan antara Nabi Khidir a.s dan Nabi Musa a.s.

Tafsir Munir Surat Al-Kahfi Ayat 78

Nabi Khidir menegaskan bahwa dengan peristiwa terakhir ini adalah sebuah keingkaran Nabi Musa kepada Nabi Khidir yang mengajukan permohonan upah.

Melalui ayat ini pula Nabi Khidir berjanji untuk tidak menunda-nunda penjelasan yang sudah tidak disabari lagi oleh Nabi Musa.

Tafsir Baidhowi Surat Al-Kahfi Ayat 78

Melalui ayat ini terdapat isyarat atas perpisahan yang dijanjikan oleh Nabi Khidir kepada Nabi Musa. Dan peristiwa ketiga ini yakni waktu di mana Nabi Musa menginginkan supaya Nabi Khidir meminta upah adalah menjadi sebab terjadinya perpisahan.

Nabi Khidir tidak lama lagi akan menceritakan peristiwa yang di anggap mungkar secara lahiriyah oleh Nabi Musa.

Penutup

Demikianlah kajian 4 tafsir dari Surah Al-Kahfi Ayat 78. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Juga : Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 79

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *