Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 86

Tafsir Al-Kahfi Ayat 86

Assalamualaikum, kali ini kami akan melanjutkan kajian tafsir dari yang sebelumnya. Yakni Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 86. Sebelum membaca 4 tafsir mari kita baca terlebih dahulu ayat beserta terjemahannya menurut Al-Qur’an Kemenag

Q.S Al-Kahfi : 86


حَتّٰىٓ اِذَا بَلَغَ مَغْرِبَ الشَّمْسِ وَجَدَهَا تَغْرُبُ فِيْ عَيْنٍ حَمِئَةٍ وَّوَجَدَ عِنْدَهَا قَوْمًا ەۗ قُلْنَا يٰذَا الْقَرْنَيْنِ اِمَّآ اَنْ تُعَذِّبَ وَاِمَّآ اَنْ تَتَّخِذَ فِيْهِمْ حُسْنًا

Bacaan Lainnya

Artinya :
Hingga ketika dia telah sampai di tempat matahari terbenam, dia melihatnya (matahari) terbenam di dalam laut yang berlumpur hitam, dan di sana ditemukannya suatu kaum (tidak beragama). Kami berfirman, “Wahai Dzulqornain! Engkau boleh menghukum atau berbuat kebaikan (mengajak beriman) kepada mereka.”

Tafsir Jalalain Surat Al-Kahfi Ayat 86

Sehingga raja Dzulqornain itu ketika telah sampai tempat terbenamnya matahari maka beliau melihat matahari itu terbenam dalam padangan gelap.

Yakni matahari ketika terbenam yang terlihat hanyalah lumpur hitam saja dalam pandangan mata hal ini sebagai gambaran bahwa tanpa pancaran sinar matahari dunia ini menjadi begitu gelap.

Dan raja Dzulqornain itu ketika melihat kaumnya yang kafir maka Kami (Allah) memberikan ilham kepadanya dengan mengatakan “Wahai Dzulqornain engkau boleh menyiksa kaummu itu dengan membunuhnya.

Dan engkau boleh pula tetap berbuat baik dengan mereka dengan menjadikan kaum kafir itu sebagai tawanan.

Tafsir Ibnu Katsir Surat Al-Kahfi Ayat 86

Raja Dzulqornain itu dalam menjalankan kawasannya beliau itu selalu memperhatikan keberadaan kaumnya. Sehingga ketika yang ditemui adalah orang- orang kafir beliau memberikan pilihan kepada kaumnya. Yaitu berdasarkan petunjuk dari Allah untuk memberikan hukuman atau tetap memberikan kebaikan dengan menjadikan tawanan dalam kekuasaannya.

Tafsir Munir Surah Al-Kahfi Ayat 86

Raja Dzulqornain itu ketika berjalan di wilayahnya tidak ada seorang pun yang terhindar untuk bisa bertemu dengannya.

Dan disaat beliau melihat kaumnya yang melakukan kekafiran maka beliau pun memberikan pilihan antara memerangi atau meninggalkannya dengan tetap hidup dengan diberi nasehat.

Tafsir Baidlowi Surah Al-Kahfi Ayat 86

Bahwa raja Dzulqornain itu dalam melaksanakan tugasnya beliau berjalan ke arah sampai matahari tenggelam untuk melihat kaumnya yang di wilayah- wilayah kekuasaannya.

Ketika beliau melihat orang-orang kafir maka Allah memberikan pilihan kepada raja Dzulqornain antara memberi hukuman kaumnya itu atau mendakwahi kaumnya untuk beriman kepada Allah.

Penutup

Demikianlah kajian 4 tafsir dari Surah Al-Kahfi Ayat 86. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Juga : Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 87

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *