Cara mengetahui minat dan bakat pada diri

cara mengetahui minat dan bakat pada diri

Assalamualaikum sahabat DUA, kali ini saya akan berbagi mengenai cara mengetahui minat dan bakat pada diri sendiri. Apakah sahabat sudah mengetahuinya? Jika belum, mari baca artikel ini!

Bakat sudah pasti di miliki oleh setiap orang, tetapi bakat tersebut berbeda-beda. Banyak orang tidak tahu bakat apa yang di miliki dirinya sendiri, itu semua karena kurang mengenal dan mengeksplorasi diri sendiri melalui minatnya.

Mengetahui  minat dan bakat menjadi suatu hal yang penting, sahabat seharusnya sudah mengetahui minat dan bakat sahabat sejak dini agar seiring dengan bertambahnya usia bakat tersebut bisa semakin berkembang.

Dengan mengetahui minat dan bakat yang kamu miliki, maka kamu bisa merencanakan pendidikanmu. Agar pendidikan menjadi terarah maka harus di sesuaikan dengan minat dan bakat yang di miliki.

Melalui pendidikan yang sesuai dengan minat dan bakatmu, maka bakatmu akan semakin terasah dan berkembang. Hal itu akan membuatmu menjadi seorang ahli dalam suatu bidang atau profesi tertentu.

Lalu bagaimana cara mengetahui minat dan bakat kita?

Temukan hal yang kamu senangi

Menemukan hal yang kita senangi bisa di ketahui dari cara kita mengerjakan sesuatu tersebut. Jika kita senang, antusias dan tidak mengeluh dengan suatu aktivitas maka hal itulah yang kamu senangi, dan itulah minat kamu.

Jika hal tersebut kamu lakukan setiap hari bisa jadi akan muncul bakatmu. Hal itu sebagai hasil dari aktivitas yang kamu lakukan setiap hari. Sebagai contoh, setiap hari kamu suka menulis buku harian dan di lakukan dengan suka rela, maka bisa jadi minat dan bakatmu adalah menulis.

Amati hobimu

Hobi sama dengan hal yang kamu sukai, biasanya hobi di lakukan secara terus menerus dengan antusias dan tanpa paksaan. Maka dari hobi ini kamu bisa temukan hal yang kamu minati dan dari hobi tersebut kamu bisa menemukan bakatmu.

Mencai poin plus dalam diri

Mencari poin plus dalam diri kamu adalah dengan mengamati kemampuan yang kamu miliki tetapi tidak di miliki orang lain. Akan ada satu atau beberapa hal yang kamu kuasai dan kamu menyukai itu, sedangkan hal tersebut tidak di kuasai bahkan tidak di sukai oleh teman-temanmu.

Mencari pengalaman

Carilah pengalaman sebanyak-banyaknya dengan mengikuti berbagai kegiatan yang bermanfaat. Dengan melakukan banyak hal, maka kamu akan mengetahui mana hal yang kamu minati dan mana yang tidak kamu minati.

Bakatmu juga akan muncul jika kamu sering melakukan kegiatan-kegiatan tersebut, karena bakat akan muncul dari sesuatu yang sering di lakukan berulang.

Carilah inspirator

Jika kamu menyukai seorang tokoh yang memiliki kehlian tertentu, maka minatmu juga akan terlihat. Kamu akan mengikuti perilakunya dan berusaha mengikuti keahliannya.

Sebagai contoh, kamu mengidolakan tokoh pemain sepak bola Bambang Pamungkas, maka sudah bisa di ketahui bahwa minatmu adalah olahraga sepak bola, dan bisa jadi dengan hal itu kamu akan berusaha untuk mengikuti jejaknya dan menemukan bakatmu.

Penutup

Baiklah sahabat DUA, itulah beberapa cara mengetahui minat dan bakat pada diri sendiri. Perlu di ingat kembali bahwa setiap orang pasti memiliki minat dan bakat masing-masing.

Maka jangan pernah merasa kecil hati dengan kemampuan orang lain, jangan merasa insecure, tetapi terus gali potensi dan tunjukkan prestasimu.

Teruslah belajar, berlatih dan jadilah profesional!

Terimakasih banyak, semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga : 5 Tips agar semangat belajar

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *