Cara Menulis Artikel Bagi Pemula

Cara menulis artikel bagi pemula

Assalamualaikum sahabat DUA, menulis menjadi sesuatu yang di pelajari semua orang sejak sekolah dasar, semua orang menjadi pandai menulis terutama di media sosial. Tetapi untuk menulis sebuah artikel, seseorang bisa mengalami kesulitan. Maka dari itu saya akan memberikan informasi tentang menulis artikel untuk para pemula yang belum terbiasa menulis.

Sebuah artikel harus memiliki manfaat bagi para pembacanya, maka setiap orang yang ingin menulis artikel diharuskan mengetahui caranya seperti apa.

Bacaan Lainnya

1. Tentukan tema yang bermanfaat

Jika kamu ingin menulis artikel, sebelumnya harus kamu tentukan terlebih dahulu temanya. Tema yang diambil harus bermanfaat untuk para pembaca, dimana pembaca bisa mendapatkan suatu informasi baru atau ilmu baru dari artikel yang kamu tulis.

2. Cari referensi

Setelah kamu mendapatkan tema yang tepat, lalu cari referensinya. Jika kamu seorang yang rajin membaca dan sudah biasa menulis maka kamu bisa menuliskan apa pun dengan mudah.

Tetapi jika kamu seorang pemula yang belum banyak referensi, cobalah mencari referensi yang sesuai dengan tema yang kamu pilih.

Kamu bisa mengambil referensi dari buku, kitab, website, youtube dan lain-lain yang mendukung artikelmu.

3. Tentukan judul yang menarik

Penentuan judul menjadi salah satu yang penting, karena berkaitan dengan menarik atau tidaknya sebuah artikel.

Kamu bisa menggunakan judul-judul yang unik yang menarik minat pembaca dan membangkitkan rasa penasarannya.

Perhatikan juga, judul harus relevan dengan isi dan usahakan mewakili isi dari artikelmu.

4. Buat artikel dengan format pembuka, isi dan penutup

Dengan format ini kamu bisa lebih mudah membuat artikel. Pertama kamu harus membuat pembuka yang mengantarkan dan menjelaskan  bahwa kamu ingin menulis artikel dengan judul yang sudah ditentukan.

Kamu bisa membuat pembuka dengan kalimat salam dan sapaan yang menarik. Kamu juga bisa menjelaskan mengapa artikelmu harus dibaca.

Selanjutnya kamu tinggal menuliskan isi artikelmu. Usahakan artikelmu berisi poin-poin yang memudahkan para pembaca dalam membaca artikelmu.

Pada bagian penutup, kamu bisa menyimpulkan apa isi artikelmu dan buat pembaca memahami apa yang kamu tulis.

5. Buat kalimat dan paragraf yang singkat tapi berbobot

Isi kalimat dan paragraf dalam sebuah artikel tidak harus panjang. Kalimat dalam satu paragraf cukup 20 kata dan isi paragraf cukup 3 kalimat.

Isi artikel yang tidak terlalu banyak kata-kata tetapi maksud dan tujuanmu bisa tersampaikan. Buat artikelmu bisa di pahami pembaca tanpa tulisan yang panjang.

6. Tentukan gambar sampul pada artikelmu

Setelah artikelmu  selesai kamu tulis, selanjutnya tentukan gambar yang sesuai dengan artikelmu. Gambar yang di pilih harus menarik dan mewakili judul dan isi tulisanmu.

Jika kamu bisa desain gambar, kamu bisa membuatnya sendiri dan itu akan lebih menarik. Kamu juga bisa mencari gambar di berbagai website penyedia gambar yang ada di internet.

7. Upload artikel di blog/web

Artikelmu sudah jadi, selanjutnya publikasikan artikelmu agar artikelmu bisa di baca dan memberikan manfaat kepada banyak orang. Kamu bisa upload artikelmu di blog atau web yang ada. Bisa jadi milikmu sendiri, milik komunitasmu atau yang lainnya

Penutup

Itulah cara menulis artikel bagi pemula yang wajib Sahabat DUA baca. Mulai sekarang kamu tidak akan kesulitan lagi dalam membuat artikel. Semoga artikel ini bermanfaat untuk semuanya. Selamat menulis!

Baca juga: Apa itu buku fiksi dan nonfiksi?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *