Definisi, Keutamaan dan Esensi Sedekah Di Tengah Pandemi Covid-19

Definisi dan esensi sedekah

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Dalam tulisan ini, penulis akan menyampaikan sedikit ulasan tentang definisi, keutamaan dan esensi sedekah yang saat ini banyak dilakukan oleh sebagian kalangan masyarakat, mengingat pandemic Covid-19 yang tidak kunjung selesai.

Pandemi Covid-19 yang melanda berbagai negara di belahan dunia mampu menarik perhatian seluruh insan manusia. Pasalnya semenjak pandemic itu muncul, muncul jugalah sifat empati yang ada dalam diri manusia. Buktinya dengan adanya penggalangan sedekah kepada orang-orang yang ingin menyisihkan sebagian hartanya untuk yang lain, yang lebih membutuhkan.

Bacaan Lainnya

Sebelum ke penjelasan inti tentang definisi dan esensi sedekah, mumpung inget. Penulis ingin menyampaikan seklumit kutipan dari guru penulis, Abi Muhammadun (حفظه الله), yang bersumber dari KH. Maimun Zubair; mbah Mun (رحمه الله) dalam pengajiannya:

خَيْرُالأَعْمَالِ مَادَامَ وَإِنْ قَلَّ“Sebaik-baik amal adalah yang dilakukan secara terus menerus (langgeng) meskipun sedikit”

Definisi Sedekah

Sedekah merupakan pemberian (baik yang bersifat materi atau imateri) dari seseorang kepada orang (pihak) lain yang lebih membutuhkan dan lebih pantas untuk menerima sedekah.

Sedekah tidak memandang suku, ras, bahkan agama. Selagi ada orang (pihak) yang sedang membutuhkan sesuatu untuk kelangsungan hidupnya, maka sebagian orang lain (yang mampu) wajib membantunya, sekalipun orang tersebut berbeda agama.

Dalam kitab I’anatuttholibin karya sayyid Abu Bakar Satha Ad-Dimyati, dijelaskan bahwa sedekah terdiri dari 4 huruf, yakni shad (ص), dal (د), qaf (ق), dan ha’ (ه). Masing-masing dari huruf tersebut memiliki makna yang berbeda.

Huruf shad dalam kalimat sedekah mengandung makna:

صَانَ؛ تَصُوْنُ صَاحِبُهَاعَنْ مَكَارِهِ الدُّنْيَاوَالأَخِرَةِ

Orang yang bersedekah itu akan mendapatkan penjagaan dari hal-hal yang tidak menyenangkan ketika berada di dunia dan akherat.

Huruf dal dalam kalimat sedekah mengandung makna:

دَلِيْلٌ؛ دَلِيْلَةٌعَلَى طَرِيْقِ الْجَنَّةِغَدًاعِنْدَ تُحَيِّرُالْخَلْقِ

Sedekah itu akan menjadi bukti (dalil) untuk menuju jalan surga kelak, yang saat itu semua makhluk merasa kebingungan di akherat.

Huruf qaf dalam kalimat sedekah mengandung makna:

قُرْبَةٌ؛ تُقَرِّبُ صَاحِبُهَا إِلَى اللّه

Orang yang sedekah itu akan terasa dekat dengan Allah.

Sedangkan huruf ha’ dalam kalimat sedekah mengandung makna:

هِدَايَةٌ؛ يَهْدِى اللّهُ تَعَالَى صَاحِبَهَا لِلْأَعْمَالِ الصَّالِحَةِلِيَسْتَوْجِبِ بِهَا رِضْوَانَهُ الأَكْبَر

Orang yang sedekah itu akan diberi petunjuk oleh Allah untuk melakukan amal baik yang bisa menyebabkan orang tersebut mendapat ridho Allah.

Keutamaan Sedekah

Sedekah dapat dilakukan dengan cara sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan. Semua tergantung situasi dan masing-masing yang melakukannya.

Keutamaan-keutamaan bersedekah sangatlah banyak, baik yang berdampak bagi orang yang memberi sedekah maupun orang yang menerima sedekah.

Syaikh Nawawi Al-Bantani dalam salah satu karya kitabnya Tanqihul Qaul menjelaskan banyak sekali penjelasan tentang keutamaan-keutamaan bersedekah yang bersumber dari hadits-hadits Nabi SAW., baik hadits dha’if maupun hadits shahih.

Berikut keutamaan dalam bersedekah antara lain:

  • Sedekah dapat mencegah mati dalam keadaan yang jelek, mati dalam keadaan yang tidak baik (suul khatimah)
  • Dapat menutup 70 pintu kejelekan
  • Bersedekah bisa menyelamatkan panasnya api neraka
  • Bersedekah tidak akan mengurangi harta seseorang
  • Sedekah merupakan  sesuatu yang agung dan luhur
  • Sedekah dapat mencegah datangnya belai (bencana) serta membuat umur yang panjang

Selain keutamaan-keutamaan sedekah yang telah penulis uraikan di atas, tentunya masih banyak lagi keutamaan sedekah lainnya. Yang mudah-mudahan sedekah yang kita berikan merupakan bekal untuk perjalanan menuju alam akherat nanti.

Esensi Sedekah Di Tengah Pandemi Covid-19

Dewasa ini, sebagaimana kita ketahui, pandemic Covid-19 telah melemahkan berbagai sektor aktivitas dan kebutuhan kehidupan manusia, termasuk sektor ekonomi.

Semua manusia saat ini rela melakukan apapun demi keberlangsungan hidupnya. Akan tetapi, cara mereka bertahan hidup tidaklah mulus dengan sesuatu yang baik, terkadang ada saja sekelompok oknum yang pengennya instan tanpa pikir panjang.

Terlepas dengan situasi dan kondisi pandemic Covid-19 yang datangya entah karena azab atau memang sudah takdir Allah SWT. semuanya patut kita syukuri. Karena masih banyak nikmat-nikmat lain yang telah Allah SWT. berikan kepada ciptaan-Nya.

Pandemic Covid-19 yang menyebar luas ke belahan negara dan dunia ini, telah memberikan banyak pelajaran yang bisa kita ambil, khususnya dalam pelaksanaan sedekah.

Sedekah di tengah pandemic Covid-19 sangatlah penting. Selain karena anjuran Allah SWT. dan Nabi-Nya, sedekah juga mengajarkan kita untuk berbagi dengan sesama, berbagi kebahagiaan untuk orang yang membutuhkan.

Di samping itu, sedekah juga memberikan makna tentang pentingnya tolong menolong, menumbuhkan rasa empati seseorang, serta meningkatkan rasa solidaritas terhadap sesama.

Penutup

Demikianlah sedikit uraian tentang definisi, keutamaan dan esensi sedekah di tengah pandemi Covid-19. Semoga sedekah yang kita berikan kepada orang yang membututhkan menjadi amal sholeh untuk bekal kehidupan akherat nanti. Aamiin.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar