Hakikat Dosa

Hakikat dosa

Hakikat dosa biasanya terjadi dan ada pada siapa saja bagi mereka yang melakukan kemaksiatan. Dosa yaitu perbuatan yang melanggar hukum Tuhan atau larangan agama , di antara makhluk ciptaan Tuhan manusia adalah yang paling sering melakukan kemaksiatan.

Perbuatan maksiat bisa membuat seseorang menjadi ingkar atau kaffar , berpaling dari Allah dan bisa membuat manusia menjadi salah satu penghuni neraka.

Bacaan Lainnya

Perbuatan dosa itu benar-benar sangat mengerikan karena itu mengundang murka Allah, maksiat juga bisa menyebabkan kesengsaraan hidup bagi pelakunya.

Ada satu riwayat hadits Nabi yakni “ Islam diantara tanda-tanda kesengsaraan adalah mata yang beku, hati yang kejam, dan meningunkan kesenangan dunia serta orang yang terus-menerus melakukan perbuatan dosa. “ (HR.Al Hakim)

Setiap perbutan buruk itu memiliki akibat buruk pula, tidak ada maksiat yang mendatang kan kebaikan . meskipun maksiat di lakukan demi kebaikan tetap saja itu adalah sebuat kemaksiatan yang di larang.

Banyak dari kita meremehkan perbuatan dosa seperti mencuri, berzina , mengabaikan larangan Allah. Sesungguhnya meremehkan perbuatan maksiat itu justru membahayakan .

Dalam sebuah riwayat hadits bahwa “ Sesungguhnya kalian melakukan suatu amalan dan menyangka bahwa itu lebih tipis dari rambut. Namun kami menganggapnya  di  masa Nabi shallallahu ‘Alaihi Wassalam sebagai sesuatu yang membinasakan.” (HR. Bukhari no.6492)

Pada dasarnya saat kita melakukan perbuatan maksiat itu kita tidak akan merasa tenang , fitrahnya yang masih bersih menolak untuk melakukan sebuah maksiat.

Akan tetapi,syetan akan terus menggoda manusia untuk melakukan kemaksiatan. Dan syetan akan terus menggoda untuk melakukan kemaksiatan- kemaksiatan yang sama atau bahkan kemaksiatan yang lebih besar lagi.

Hingga pada akhirnya hati manusia menjadi mati karena terlalu seringnya melakukan kemaksiatan,hatinya tertutup debu kemaksiatan hingga ia berkerak dan menghitam sehingga ia tidak merasa bersalah saat ia melakukan kemaksiatan.

Macam-macam maksiat

  1. dosa hati
  2. dosa perut
  3. Maksiat mata
  4. dosa Lisan
  5. Maksiat telinga
  6. dosa Tangan
  7. Maksiat Kemaluan
  8. dosa Kaki
  9. Maksiat badan

Kesimpulannya adalah perbuatan maksiat itu sama sekali tidak ada manfaatnya , perbuatan maksiat hanya akan , menjadi penyebab kesengsarangan terbesar bagi manusia karena sesungguhnya kesengsaraan terbesar manusia adalah ketika ia tidak bisa masuk syurga.

Demikian penjelasan singkat dari hakikat dosa. Semoga apa yang di sampaikan bisa bermanfaat bagi teman-teman semua khusunya saya, dan semoga bisa menambah leimanan dan ketakwaan kita.

Baca Juga: Penyebab Rusaknya Hati

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *