Racun Hati

Racun hati

Hello sahabat semua, gimana nih kabarnya ? semoga sahabat semua dalam keadaan sehat, dan yang sedang kurang sehat semoga cepet sehat kembali, Aamiin.

Hay sahabat tahukah kalian apa yang paling mulia di diri manusia ? hati mempunyai peran terhadap seluruh anggota badan, ibarat raja terhadap para prajuritnya. Semua bekerja atas dasar perintahnya dan tunduk kepadanya. Pada kemudian hari nanti ia akan di tanya tentang para prajuritnya , sebab setiap pemimpin akan di minta pertanggung jawaban atas yang di pimpinnya.

Hati adalah Hati adalah pusat ilmu dan ketaqwaan, cinta dan benci, keragu-raguan dan bencana. Ialah yang tahu tentang Allah, dan jalan menuju kepada-Nya. Dan anggota tubuh ini tidak lain hanyalah mengikuti dan berkhidmat kepadanya.

Hati yang sehat yaitu yang terbebas dari racun-racun yang membahayakannya. Siapa saja yang menginginkan keselamatan bagi hatinya hendaklah ia membersihkan hatinya dari pengaruh racun-racun itu kemudian menjaganya. Apa saja sih racun yang bisa merusak hati ?

racun hati

Empat Racun hati

1 . Banyak Berkata , orang yang banyak berkata biasanya ia memiliki hati yang lemah dan ia mudah mengeluh terhadap sesuatu termasuk ibadahnya sendiri. Orang yang banyak bicara biasanya sedikit dalam bertindak , seperti pepatah yang mengatakan tong kosong nyaring bunyinya maksudnya ialah ia begitu banyak dalam berbicara tapi sedikit dalam bertindak.

Di jelaskan dalam sebuah riwayat hadits bahwasannya Rasululullah Shalallahu ‘Alaihi Wassalam bersabda ” Yang paling banyak menjerumuskan manusia ke dalam neraka adalah dua lubang , yaitu mulut dan kemaluan. ” (HR. At Tirmidzi)

2. Banyak Makan , makan adalah suatu kebutuhan tapi banyak makan racun bagi kita. banyak makan bisa menyebabkan orang menjadi lamban baik itu lamban dalam berpikir, bersikap, dan beraktifitas.

Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, Allah SWT berfirman “Makan dan minumlah , tapi jangan berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak senang terhadap orang yang berlebih-lebihan.” (QS.Al-A’raf ayat 31 )

3. Salah dalam bergaul , dalam bergaul kita tidak boleh sembarangan berteman. karena apa ? karena pergaulan yang buruk akan mempengaruhi perilaku kita. Maka dari itu carilah teman yang berakhlak baik agar kita pun berakhlak baik pula.

Rasululluh Shalallahu ‘Alaihi Wassalam bersabda ” Seseorang itu tergantung pada agama temannya. Oleh karena itu, salah satu di antara kalian hendaknya memerhatikan siapa yang dia jadikan teman.” (HR. Abu Dawud)

4. Memandang yang berlebihan, nggk sedikit kemaksiatan berawal dari sesuatu yang berlebihan . semisal, seseorang terlalu berlebihan dalam memandang lawan jenis di karenakan orang tersebut cantik/tampan . karena sejatinya keindahan rupa hanya sementara, akan tetapi kecantikan qolbun akan bersinar selamanya.

Semoga apa yang di sampaikan dapat bermanfaat, marilah kita jaga hati kita dari berbagai macam racun jangan sampai menjadi rusak , mengeras bahkan mati.

Baca juga : Penyebab Rusaknya Hati

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *