Lawan Corona Dengan Imun dan Iman

Assalamu’alaikum sahabat DUA..Kali ini saya punya tema menarik buat di baca. Yaitu “Lawan Corona dengan Imun dan Iman”

Wah bicara seputar corona, sepertinya tidak ada habisnya ya teman-teman. Apalagi kalau lihat atau baca-baca berita.

Bacaan Lainnya

Di Indonesia sendiri memang kasus corona sudah semakin meningkat. Semakin banyak yang positif, banyak juga yang meninggal.

Virus yang kemunculannya sudah sejak tahun 2019 ini menjadi momok menakutkan bagi masyarakat seluruh dunia.

Dengan adanya virus corona atau biasa di sebut juga covid-19 banyak sekali aspek yang terpengaruh. Virus ini mempengaruhi fisik manusia.

Akibatnya banyak penjual yang gulung tikar karena pembeli sudah mulai berkurang dan beralih ke sistem belanja online.

Melihat beberapa pengaruh corona tadi maka masyarakat semakin di buat panik dan khawatir. Terlebih, saat ini sudah semakin banyak kasus kematian di Indonesia.

Sebetulnya, penyebab kematian itu sendiri bisa jadi bukan hanya di sebabkan dari virus yang merajalela itu. Tetapi bisa juga karena rasa panik, khawatir dan takut yang berlebihan sehingga imun menjadi lemah dan fisik akan melemah.

Dengan ketakutan berlebihan juga bisa menjadikan seseorang lupa bahwa kematian adalah sesuatu yang sudah di tentukan oleh Allah Swt.

Perlu sahabat-sahabat DUA ketahui bahwa si virus mematikan yang bernama corona itu juga makhluk Allah ya sahabat. Selain makhluk Allah, corona juga termasuk umatnya Nabi?

Lho kok bisa?

Ya, karena corona hadir di zaman umatnya Nabi Muhammad Saw seperti kita ini sahabat.

Karena virus corona itu makhluk Allah dan umat Nabi Muhammad seperti kita, bisa di katakan bahwa kita mempunyai kedudukan yang sejajar. Maka dari itu kita tidak boleh takut dan panik yang berlebihan ya sahabat.

Makhluk Allah itu di ciptakan untuk beribadah kepada Allah bukan?Maka sudah bisa dipastikan virus corona juga demikian.

Sahabat DUA ingat tidak sama ayat ini?

Al-Isra Ayat 44

تُسَبِّحُ لَهُ السَّمٰوٰتُ السَّبْعُ وَالْاَرْضُ وَمَنْ فِيْهِنَّۗ وَاِنْ مِّنْ شَيْءٍ اِلَّا يُسَبِّحُ بِحَمْدِهٖ وَلٰكِنْ لَّا تَفْقَهُوْنَ تَسْبِيْحَهُمْۗ اِنَّهٗ كَانَ حَلِيْمًا غَفُوْرًا

Terjemah :

Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tidak ada sesuatu pun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu tidak mengerti tasbih mereka. Sungguh, Dia Maha Penyantun, Maha Pengampun.

Dari ayat tersebut kita bisa paham bahwa semua yang hidup di antara langit dan bumi itu bertasbih kepada Allah, termasuk juga virus corona.

Karena corona juga makhluk Allah dan umat Nabi Muhammad jadi bagaimana cara menghadapinya?

Kuncinya ada dua kata ya sahabat, yaitu Imun dan Iman.

Imun dalam bahasa medis di sebut juga kekebalan tubuh. Orang yang imunnya lemah akan mudah sekali terserang berbagai penyakit, termasuk virus corona. Maka dari itu sahabat DUA harus bisa mempertahankan imun yang kuat dan meningkatkan imun. Inilah cara lawan corona dengan ilmu dan iman:

1.Meningkatkan imun

1.a. Memakan makanan bergizi

Makanan yang di maksud bisa berupa makanan pokok, sayuran, buah-buahan dan minuman yang mengandung gizi.

Sahabat-sahabat perlu sekali memperhatikan asupan makanan demi mempertahankan imun agar bisa menghalau virus corona

1.b. Mematuhi protokol kesehatan (3M)

Protokol kesehatan yang kita ketahui adalah 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Ini di keluarkan pemerintah sebagai salah satu ikhtiar dalam mengurangi penyebaran virus corona.

Walau protokol kesehatan ini terbilang cukup sederhana, tapi banyak sekali masyarakat di luar sana yang mengabaikannya lho sahabat. Sebagai masyarakat yang taat pada pemerintah, maka ikuti protokol ini ya sahabat-sahabat DUA.

1.c. Melakukan kegiatan fisik (olahraga dan berjemur)

Cara yang ketiga untuk meningkatkan imun kita adalah dengan berolahraga dan berjemur di pagi hari. Olahraga akan membuat tubuh kita menjadi sehat, melalui peregangan otot dan membuat rileks organ-organ tubuh.

Yang perlu sahabat DUA ketahui juga bahwa sinar matahari di pagi hari memiliki kandungan yang bagus untuk tubuh.

Kedua kegiatan yang saya sebutkan merupakan kegiatan yang bisa mengeluarkan keringat, dan itu bisa membuang racun-racun yang ada di tubuh kita.

2. Meningkatkan iman

Selain meningkatkan imun yang berhubungan dengan fisik atau jasmani, sahabat DUA juga harus meningkatkan rohani nya nih atau kita sebut saja iman

2.a. Meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah

Yang saya maksud dalam hal ini adalah sholat. Sholat merupakan ibadah yang berhubungan langsung dengan Allah Swt. Maka kita diharuskan untuk memperbaiki kualitas sholat kita agar lebih mendekatkan kita kepada Allah.

Meningkatkan kuantitas sholat dalam hal ini adalah dengan melaksanakan sholat-sholat sunnah yang sebelumnya tidak pernah kita lakukan.

Dengan inilah iman akan meningkat dan ketakutan kita pada corona akan hilang karena kedekatan kita kepada Yang Menciptaan virus tersebut.

2.b. Memperbanyak membaca Al-Qur’an

Cara yang kedua adalah dengan memperbanyak membaca Al-Qur’an dimana Al-Qur’an ini menjadi pedoman bagi umat muslim. Selain mendapatkan pahala, membaca Al-Qur’an juga bisa meningkatkan iman melalui ayat-ayat yang dibaca dan memahami maknanya.

Di dalam Al-Qur’an banyak sekali tanda-tanda kekuasaan Allah yang akan membuat kita sadar.

Sadar bahwa kematian adalah hak mutlak milik Allah, dan kita tak perlu takut akan kematian teesebut. Termasuk kematian sebab virus corona.

2.c. Memperbanyak dzikir

Selanjutnya adalah memperbanyak dzikir atau mengingat Allah. Yaitu membaca kalimat-kalimat seperti tasbih, tahmid, tahlil, takbir dan bacaan lainnya.

Dengan banyaknya dzikir, kita akan selalu mengingat Allah dan akan selalu dekat dengan Allah.

Ketika yang kita ingat adalah Sang Pencipta atau Allah Swt, maka kita akan menyadari bahwa virus corona adalah ciptaan-Nya dan tak perlu ditakutkan.

Penutup

Nah sahabat DUA itulah cara yang bisa kita lakukan untuk melawan corona, dengan imun dan iman yang kuat maka kita bisa menghindari virus corona ini.

Cara ini kita lakukan sebagai bentuk ikhtiar kita kepada Allah Swt ya sahabat, setelah kita melakukan cara-cara ini kita hanya perlu pasrah dan tawakul.

Pada hakikatnya kita sebagai manusia dan virus corona adalah makhluk Allah. Dan sebagai manusia, kita pasti mengalami kematian.

Tetapi dengan adanya virus corona itu, kita di syariatkan untuk berikhtiar dan menjaga diri dari serangan virus tersebut.

Mari lawan corona dengan imun dan iman, langan lupa patuhi protokol kesehatan, dan semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah Swt.

Terima kasih dan sampai jumpa di artikel berikutnya sahabat DUA.

Baca juga : Kontroversi Pandemi Covid-19

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *