Mandi Junub Yang Benar

Mandi Junub

Mandi Junub atau mandi besar adalah sesuatu yang wajib bagi seseorang yang memiliki hadats besar yang mana orang tersebut mau melaksanakan ibadah-ibadah.

Secara etimologi mandi besar ialah menyiramkan air ke seluruh tubuh.

Sedangkan sah dan tidaknya mandi besar dengan dua syarat yaitu niat pada awal pembasuhan dan menyiramkan air ke seluruh tubuh.

Wajib Perhatikan Ini Saat Mandi Junub

Karena mandi Junub atau mandi besar adalah sesuatu yang sangat penting sebab berkaitan dengan sah dan tidaknya ibadah yang akan kita kerjakan, maka menjadi penting pula untuk memperhatikan saat mandi besar itu sendiri.

Saat mandi besar bisa tidak sah hanya sebuah perkara sepele seperti sabun maupun sampo.Sebab sabun ataupun sampo dapat merubah sifat air yang mana artinya air yang terkena sabun ataupun sampo itu sendiri tidak bisa digunakan untuk bersuci.

Sebab air yang tidak suci mensucikan maka manjadi mandi Junub atau mandi besar yang kita lakukan menjadi tidak sah.

Untuk itu sebelum kita mandi besar ataupun wudhu sebaiknya menghilangkan terlebih dahulu hal-hal yang dapat merubah sifatnya air.Maka dari itu menghilangkan sesuatu yang dapat merubah sifatnya air saat melakukan mandi besar atau wudhu menjadi salah satu syarat sahnya mandi wajib ataupun wudhu.

Jangan Lakukan Ini Saat Mandi Junub

Banyak orang yang ketika mandi besar hanya mengambil satu ciduk air dan menyiramkan dari awal mula kepala dengan niatnya.

Akan tetapi satu ciduk air itu tidak bisa memastikan apakah seluruh permukaan tubuh sudah tersiram dengan sempurna atau belum.

Dan seseorang tersebut setelah menyiramkan air itu langsung saja memakai sabun dan sampo.Yang dapat merubah sifat air dari siraman berikut.

Yang mana dirasa setelah bersih dari sampo dan sabun langsung selesai mandi.

Hal inilah yang terkadang sering dilakukan banyak orang namun hal ini juga yang menyebabkan tidak sahnya mandi Junub tersebut sehingga tidak sah pulang semua amal ibadah yang ia kerjakan.

Tata Cara Mandi Junub

Saat akan melakukan mandi besar sebaiknya kita memenuhi syarat-syarat sahnya mandi besar.

Maka dari itu tata cara mandi besar itu nantinya ada dua tapi yang lebih kita sarankan adalah yang pertama.

Tata Cara mandi Wajib 1

  1. Terlebih dahulu menghilangkan hal-hal yang dapat merubah sifat air atau menghalangi air sampai tubuh.
  2. Niat pada awal pembasuhan anggota tubuh.
  3. Memastikan semua anggota tubuh tersiram air dengan sempurna. Pada bagian ini pasti juga pada bagian tubuh yang banyak lipatnya sebab kemungkinan tidak terkena air.
  4. Setelah syarat satu sampai tiga sudah melakukan dengan baik maka boleh kita memakai sabun, sampo ataupun yang lainnya.

Tata Cara Mandi Wajib 2

  1. Pada bagian ini siraman pertama kita tidak langsung niat. Tetapi langsung memakai sabun ataupun sampo.
  2. Setelah melakukan bagian 1 maka pastikan bahwa sabun, sampo ataupun yang lainnya yang dapat merubah sifat air atau menghalangi air ke tubuh itu sudah tidak ada.
  3. Niat pada awal pembasuhan anggota tubuh.
  4. Memastikan semua anggota tubuh tersiram air dengan sempurna. Pada bagian ini pasti juga pada bagian tubuh yang banyak lipatnya tersiram dengan sempurna sebab kemungkinan pada anggota tersebut tidak terkena air.

Penutup

Karena itu, syarat mandi besar adalah jangan sampai ada sesuatu di tubuh yang dapat merubah sifatnya air.

Dan saat pembasuhan pertama kali air ke anggota tubuh haruslah menyertai dengan niat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *