Menjadi perempuan ideal Seperti Ibunda Nabi Musa AS

Banyak kriteria yang tentukan oleh seseorang terhadap perempuan yang ideal. Padahal kriteria tersebut berasal dari pemikiran yang belum tentu sama.

Tapi, bagaimana Perempuan yang ideal menurut Al -Qur’an itu sendiri ya? Perempuan yang ideal adalah ia yang selalu menjaga kehormatan dirinya dimanapun.

Adapun, perempuan ideal dalam perspektif Al -Qur’an  dari Ibu Nabi Musa Yohanid pada Surah Al -Qashash ayat 12, diantaranya:

1. Sabar dalam menghadapi cobaan hidup

Ibu Nabi Musa as.yang sabar ketika saat akan meletakkannya kedalam peti yang dilepaskan ke sungai dengan penuh bahaya. Hal tersebut merupakan perbuatan yang memperlukan ketabahan dan juga keteguhan hati dari seorang ibu yang rela melepaskan anaknya demi keselamatan.

Ia tau bahwa semua yang terjadi adalah rencana Allah SWT.

2. Keyakinan Kepada Rencana Allah

Yohanid ibu Nabi Musa as. Adalah salah satu bukti bahwa keimanan seseorang yang sangat dalam kepada Allah SWT. Dimana ia menyakini apapun yang sedang dan telah terjadi itu adalah bagian dari rencana Allah yang lebih besar.

Hal tersebut tentu mengajarkan kepada kita bahwa untuk selalu melibatkan Allah dalam setiap proses dan tahapan kehidupan.

3. Keberanian

Sungai yang berbaha dan ancaman dari Fir’au menjadi sebuah tantangan yang besar dihadapi oleh Yohanid. Meskipun pada akhirnya ia tetap berani dan rela menghadapi tantangan merupakan kualitas penting pad diri perempuan ideal.

4. Kasih Sayang

Meski harus merelakan putranya Nabi Isa untuk dilepaskan di sungai dengan penuh cinta. Tindakan tersebut menunjukkan pengorbanan seorang ibu yang penuh hari merawat dan menyayangi anaknya.

Baca Juga:  Hukum Jual Beli Online

5. Ketaatan Kepada Allah SWT

Yohanid patuh terhadap perintah Allah SWT. Dengan meletakkan dan melepaskannya ke sungai. Hal tersebut membuktikan ketaatannya terhadap rencana Allah SWT.

Dari kisah ibu Nabi Isa as. Yohanid dalam Qur’an Surat Al-Qasas ayat 12, kita dapat mengambil ibrah terkait perempuan yang ideal dalam Al-Qur’an yakni mereka yang memiliki kepribadian yang sabar, bertawakal kepada Allah, berani menghadapi cobaan, penuh kasih sayang, dan menaati perintah-Nya.

Ponpes Darul Ulum Addiniyah - Melayani dan Bermanfaat Bagi Banyak Orang
× Kontak Kami