Niat dan Manfaat Membaca Al-Qur’an

Niat dan manfaat Qur'an

Al-Qur’an adalah kalam Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Dan diturunkan melalui malaikat Jibril yang dihimpun dalam mushaf yang merupakan mukjizat Nabi Muhammad SAW. sehingga mari kita niat dan manfaat membaca al-Qur’an pun akan kita rasakan.

Allah SWT itu Dzat yang Maha Tinggi yang menjadi raja sebenar-benar raja dari apa saja yang di ucapkan oleh orang-orang musyrik.

Wahai Muhammad janganlah engkau tergesa-gesa untuk membaca Al-Qur’an sebelum wahyu Qur’an itu di sempurnakan yakni sebelum malaikat Jibril selesai mendatangkan penjelasan Qur’an .

Dan katakanlah wahai Muhammad (berdo’alah wahai Muhammad ) “Wahai Tuhanku berikanlah ilmu kepadaku dengan sebab Al-Qur’an ini sehingga sepanjang Al-Qur’an di turunkan kepada Nabi maka pula ilmunya kepada Nabi ”.

Niat dan Do’a Membaca Al-Qur’an

Dalam tafsir Jalalain surah Toha: 114 terdapat dua niat membaca kalam Qur’an yakni :

  1. Saya niat membaca Al-Qur’an untuk dekat kepadamu (Allah) dan mendapat ridho-Mu
  2. Saya niat membaca Al-Qur’an untuk menambah ilmu

Dalam surat Thoha : 114 di jelaskan bahwasannya melalui ayat ini Nabi di ajarkan oleh Allah untuk berdo’a setiap selesai membaca Al-Quran, do’a tersebut adalah do’a meminta tambahan ilmu dari Allah setiap selesai membaca Qur’an.

Dalam sebuah riwayat yang di sampaikan oleh Ibnu Uyaynah bahwasannya Rasulullah SAW tiada henti-hentinya untuk mendapatkan tambahan ilmu sehingga beliau wafat. (Tafsir Ibnu Katsir juz 5 hal 281 )

Do’a Setelah Membaca Al-Qur’an

Do’a Membaca Al-Qur’an

Do’a yang di panjatkan Nabi setelah selesai membaca Al-Qur’an adalah :

اَللّٰهُمَّ انْفَعْنِيْ بِمَاعَلَّمْتَنِيْ، وَعَلِّمْنِيْ مَايَنْفَعُنِيْ، وَزِدْنِيْ عِلْمًا، وَالْحَمْدُلِلّٰهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

Yang artinya : “ Wahai Allah semoga engkau berkenan memberikan manfaat kepadaku atas apa saja yang telah engkau ajarkan kepadaku, semoga engkau berkenan mengajariku sesuatau yang bisa memberi manfaat kepadaku dan semoga engkau berkenan memberikan tambahan ilmu kepadaku . segala puji milik Allah atas semua keadaan”

Bacalah Al-Qur’an, karena sesungguhnya setelah niat dan manfaat membaca Qur’an akan terasa di dalamnya.

Manfaat Membaca Kalam Al-Qur’an

Terdapat beberapa manfaat di antaranya :

Manfaat Membaca Al-Qur’an

1. Meraih pahala berlipat ganda

Rasulullah SAW dalam sabdanya mengungkapkan bahwa orang yang membaca satu huruf ayat Al-Qur’an akan di berikan pahala oleh Allah dengan jumlah hingga 10 kali lipat.

“Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur’an maka ia akan mendapat satu kebaikan dan dari satu kebaikan itu berlipat menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.” (HR. Bukhari).

2. Di angkat derajatnya

Allah SWT akan mengangkat derajat orang-orang yang selalu membaca Qur’an. Termasuk juga mereka yang mau mempelajari isi, serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Di angkatnya derajat tak meski di pandangan manusia, cukuplah pandangan Allah saja.

3. Hati selalu tenang dan tentram

Ketenangan jiwa dan pikiran adalah hal yang sangat penting dalam menjalani kehidupan. Ketengan hidup bisa kita dapatkan dengan selalu mengingat Allah SWT , salah satunya dengan membaca dan memahami kalam Allah.   

4. Menjauhi diri dari perbuatan yang sesat

Dengan membaca dan mempelajari isi kalam Allah ini dapat membantu menjauhkan diri  dari perbuatan sesat dan jahat, tidak hanya di dunia tapi juga di akhirat.

Karena pada hakikatnya dengan Kebiasaan baik ini akan  mendapatkan jaminan pertolongan (syafaat) di hari kiamat kelak.

5. Mendapatkan keberkahan malaikat

Orang-orang yang selalu membaca Qur’an di rumah nya akan senantiasa di hadiri malaikat. Suasana rumah juga jadi lebih tenang, menyenangkan, serta jauh dari jin-jin jahat.

6. Memberi pahala bagi orang tua

Karena sesungguhnya dengan kita membaca kalam Allah terdapat banyak manfaat tidak hanya untuk diri kita sendiri tapi juga akan memberikan manfaat bagi orang tua kelak. Dengan membaca Qur’an pun merupakan salah satu bakti kasih sayang kita kepada orang tua kita.

Sebagaimana di sebutkan dalam sabda Rasulullah SAW:

“Siapa yang membaca Al-Qur’an serta berusaha mengamalkannya, maka kelak di hari Kiamat kedua orang tuanya akan di beri mahkota yang bersinar lebih baik daripada sinar matahari di dunia. Bagaimana menurutmu orang yang mampu melaksanakan hal ini?” (H.R Abu Dawud)

7. Mendapatkan petunjuk kehidupan di jalan yang lurus

Sesungguhnya Al-Qur’an merupakan pedoman hidup umat islam , sehingga dengan begitu di harapkan kita  akan mampu mengamalkannya. Dengan demikian, dengan rajin membaca kalam Allah ini  akan memberikan tuntunan dan petunjuk dalam kehidupan kita di dunia.

Hal ini tertuang dalam Al-Qur’an surat Al-Isra ayat 9, yang artinya:

“Sesungguhnya Al-Qur’an memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi kabar gembira kepada orang-orang mukmin yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar.”

Penutup

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwasannya dengan kita niat dan manfaat membaca Al-Qur’an pun akan kita dapatkan dalam hidup, sehingga mendapatkan ketenangan lahir maupun batin.

Baca Juga : Penyebab Rusaknya Hati

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *