Perbedaan pesantren salaf dan pesantren modern

Assalamualaikum sahabat DUA, bagi kamu yang tinggal di pondok pesantren apakah sudah tahu perbedaan pesantren salaf dan pesantren modern?

Kalau belum tahu, yuk simak artikel ini!

Sebelum mengetahui perbedaannya, kita harus tahu dulu apa itu pesantren?

Apa itu pesantren?

Pesantren adalah sebuah pendidikan tradisional yang para siswanya bernama santri. Mereka tinggal bersama dan belajar di bawah bimbingan guru yang lebih dikenal dengan sebutan kiai dan mempunyai asrama untuk tempat menginap santri. Santri tersebut berada dalam kompleks yang juga menyediakan masjid untuk beribadah, ruang untuk belajar, dan kegiatan keagamaan lainnya.

Dengan kata lain pesantren adalah tempat berupa Lembaga islam yang di dalamnya mengajarkan ilmu agama (tafaquh fiddiin) kepada santri atau pelajar. Dimana para santri itu menginap di tempat atau lembaga tersebut.

Pesantren biasanya di pimpin oleh seorang kyai dan mengajarkan ilmu agama seperti ilmu akidah, fikih, tasawuf dan ibadah.

Perbedaan Pesantren salaf dan modern

1.Pesantren salaf

Pesantren salaf adalah bentuk pesantren secara asli. Jenis pesantren ini memiliki model pendidikan tradisional.

Ciri-ciri pesantren salaf

a.Pembelajaran fokus kepada kitab kuning atau kitab gundul

Pesantren salaf biasanya menekankan para santri untuk mempelajari kitab kuning atau kitab gundul. Hal ini dengan tujuan agar santri bisa membaca dan memahami isi dari kitab kuning. Kitab kuning adalah kitab karangan ulama-ulama tentang ilmu keislaman. Biasanya kitab kuning yang di gunakan adalah kitab gundul tanpa harokat.

b.Penerimaan santri tanpa seleksi

Pesantren salaf lebih mudah dalam penerimaan santri baru karena tanpa adanya seleksi, santri baru yang masuk pertama kali akan di identifikasikan menurut kemampuannya masing-masing.

c.Pembelajaran dengan sistem bandungan dan sorogan

Karena mengutamakan pemahaman kitab kuning atau kitab gundul, maka di pesantren salaf pembelajarannya dengan menggunakan sistem bandungan atau sorogan. Dengan menyetorkan hafalan kitab sebagai pendukung untuk memahami tkitab kuning atau kitab gundul itu sendiri.

d.Identik dengan sarung

Sarung menjadi ciri khas santri, tetapi di pesantren salaf biasanya penggunaan sarung lebih dianjurkan. Baik bagi santri putra maupun santri putri.

e.Lebih sedikit menggunakan teknologi

Pesantren salaf lebih sedikit dalam penggunaan teknologi dibandingkan pesantren modern. Para santri juga tidak dianjurkan membawa alat komunikasi apapun bahkan untuk keperluan belajar pun tidak diperbolehkan.

2. Pesantren modern

Pesantren modern adalah bentuk pesantren yang berorientasi pada nilai-nilai kemodernan. Selain menggunakan sistem tradisional, pesantren modern memiliki sistem yang dikombinasikan dengan sistem modern dan kontemporer.

Ciri-ciri pesantren modern:

a.Biasanya memiliki sekolah formal

Pesantren modern biasanya terikat dengan sekolah formal, begitu juga dengan tingkatannya. Pengelompokkan kelas berdasarkan kelas sekolah formal, bukan berdasarkan kemampuan masing-masing.

b.Penekanan pada penguasaan Bahasa Arab dan Inggris

Penguasaan Bahasa Arab dan Inggris dengan menggunakan pembelajaran melalui bentuk percakapan. Selain itu penggunaan Bahasa arab dan inggris juga dianjurkan untuk dipraktekkan setiap hari untuk pembiasaan.

c.Lebih banyak menggunakan teknologi

Berbeda dengan pesantren salaf, pesantren modern biasanya lebih banyak dalam menggunakan teknologi. Penggunaan teknologi untuk keperluan belajar, media, atau pun administrasi.

d.Penerimaan santri melalui seleksi

Pesantren modern biasanya menggunakan sistem seleksi dalam penerimaan santri baru. Yaitu dengan melalui berbagai tes dan ujian.

Penutup

Nah, Sekarang sudah tau kan perbedaan pesantren salaf dan pesantren modern, pada dasarnya semua jenis pesantren baik. Semuanya tergantung pada niat masing-masing dalam mencari ilmu.

Baca juga: Trik menjadi pribadi sukses

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *