Whatsapp-Button

Puasa Senin Kamis: Niat, Tata Cara, dan keutamaannya

Puasa Senin Kamis bukanlah hal baru bagi umat Islam di seluruh dunia. Sebab puasa ini memiliki banyak manfaat dan dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Bagi yang belum mencobanya, berikut tujuan, tata cara, doa dan manfaat puasa senin kamis. Puasa adalah salah satu rukun Islam dan dianjurkan sebagai ibadah sunnah. Saat berpuasa berkewajiban tidak makan dan minum dan hal-hal yang membatalkan puasa dari matahari terbit sampai matahari terbenam.

Apa itu puasa Senin Kamis?

Seperti namanya, puasa dilakukan hari Senin dan Kamis selama dua hari ini. Ibadah ini merupakan bentuk kesadaran diri bahwa Allah SWT selalu mengamati dan melihat setiap perbuatan yang Anda lakukan.
Ibadah ini merupakan puasa sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk umatnya. Selain puasa ini , ada puasa sunnah lainnya, seperti Syawal, Dzulhijjah, Tarwiyah, Arafah, Daud, ‘Asyura, Ayyamul Bidh, dan Sya’ban.

Aturan dan anjuran puasa Senin Kamis

Syekh Wahbah Az-Zuhaili dalam Fiqh Islam wa Adillatuhu membagi hari senin dan kamis dalam sunnah para ulama. Jadi Anda akan mendapat pahala jika Anda melakukannya dan Anda tidak akan berdosa jika tidak melakukannya. Khusus untuk puasa sunnah ini, ibadah ini dianjurkan untuk umat Islam di seluruh dunia, seperti yang ditunjukkan oleh Nabi Muhammad SAW. Ada banyak hadits yang menunjukkan kebaikan puasa sunnah . Berikut adalah beberapa:

Baca Juga:  Ingin Mewujudkan Keluarga Maslahat, Baca Do’a Berikut Ini!

Bukti ibadah sunnah dapat ditemukan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Siti Aishyah r.a, yang artinya: “Nabi Shallallahu \’Alayhi wa sallam berpuasa pada hari Senin dan Kamis.” At-Tirmidzi, An-Nasa’i dan Ibnu Majah. Al-Albani mengkonfirmasi hadits ini).

Nabi (SAW) bersabda: “Sesungguhnya Nabi SAW adalah orang yang banyak berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Ketika ditanya mengapa, Nabi SAW bersabda: Sungguh, lakukanlah semua perbuatan baik pada hari Senin dan Kamis, maka. Allah akan memaafkan dosa orang muslim atau mukmin kecuali dua orang yang bermusuhan. Karena itu, Allah berfirman, tundalah keduanya.” (HR. Ahmad). Dari hal tersebut dapat menjadi alasan mengapa seorang muslim berpuasa sunnah pada hari senin dan kamis.

Niat Puasa Senin kamis

Niat puasa sunnah Senin

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Artinya: “Saya niat puasa pada hari Senin, sunat karena Allah Ta’aalaa.”

Niat puasa sunnah Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Artinya: “Saya niat puasa pada hari kamis, sunat karena Allah Ta’aalaa.”

Doa berbuka puasa

Berikut doa berbuka puasa :

  1. Doa Buka Puasa Senin Kamis Versi Pertama

Pertama, Anda bisa membaca doa berbuka puasa dari hari Senin sampai Kamis, seperti yang biasa dibacakan saat berbuka puasa Ramadhan, yaitu: “Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa\’alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin”.

Artinya: “Ya Allah, untukmu atau karenamu aku berpuasa, kamu dan aku beriman, dan makananmu aku berbuka dengan cepat, dengan rahmatmu, ya Allah, Tuhan Yang Maha Penyayang.”

  1. Doa Buka Puasa Senin Kamis Versi Dua

Ada juga doa berdakwah di hari senin dan kamis sesuai sunnah Nabi SAW yaitu “Dzahabaz zhama\’u wabtallatil \’uruqu wa tsabatal ajru, semoga Allah mengabulkannya”

Baca Juga:  Amalan-Amalan yang Disyariatkan dalam Bulan Dzulhijjah

Artinya: “Tidak ada lagi dahaga, urat telah menjadi berair dan pahala, dengan kehendak Allah Ta’ala.” (HR Abu Dawud, Daruquthni, Hakim dan Nasa’i).

Tata cara puasa senin kamis


Setelah memahami niat dan doa ibadah sunnah, kini saatnya mengetahui cara ibadah sunnah senin kamis. Padahal, rutinitas ibadah sunnah ini tidak berbeda dengan puasa Ramadhan. Berikut adalah tata cara puasa pada hari senin dan kamis :

Sahur

Sahur adalah sunnah puasa yang akan mendapat pahala dan berkah jika melaksanakannya .

Baca Niat

Niat Puasa Senin Kamis sebaiknya dibaca di malam hari, sebelum terbit fajar.

Menahan Diri dari yang Membatalkan Puasa

Anda juga perlu menahan diri dari hal-hal yang bisa membatalkan puasa, seperti makan, minum, berhubungan suami-istri, dan hal-hal lainnya.

Berbuka dengan Membaca Doa

Terakhir adalah berbuka dengan membaca doa buka puasa.

Manfaat Puasa Senin Kamis

Menjalankan puasa sunnah ini juga berarti meneladani perilaku Rasulullah SAW. Berikut manfaat ibadah sunnah:

Menjadi perisai jiwa

Puasa, baik yang wajib maupun yang sunnah, dapat memberikan pengaruh yang besar bagi kondisi mental seseorang.

Terhindar dari Godaan Setan dan Hawa Nafsu

Berpuasa adalah keadaan dalam kondisi beribadah. Jadi, dengan berpuasa mampu menghambat jalan setan untuk mempengaruhi jiwa.

Meningkatkan Kesehatan

Beberapa penelitian menemukan bahwa puasa dapat membantu mengurangi tingkat peradangan dan membantu meningkatkan kesehatan.

Apakah Puasa Senin Kamis Bisa Mengganti Puasa Ramadhan?

Puasa ini adalah ibadah sunnah. Yangmana puasa ramadhan adalah ibadah wajib. Maka tidak mungkin dengan yang sunnah dapat menutupi puasa wajib. Maka untuk menggantikan puasa ramadhan adalah dengan Qadha.

Bisakah puasa Senin Kamis melakukan salah satu hari saja?

Ulama mengatakan bahwa puasa dua hari ini tidak sama. Artinya, orang bisa berpuasa pada hari Senin atau Kamis. Tidak ada perintah dari Nabi Muhammad SAW agar dua hari ini berpasangan , juga tidak ada larangan berpuasa hanya pada hari Senin atau Kamis saja. Ini dijelaskan dalam banyak dalil, seperti berikut ini:

Baca Juga:  Lawan Corona Dengan Imun dan Iman

Syekh Abdul Aziz ar-Rajihi menjelaskan, tidak masalah berpuasa Senin atau Kamis. Karena yang diharamkan adalah puasa hanya di hari jumat saja. Hal ini berdasarkan sabda Nabi Shallallahu ‘alayhi wa sallam:

Artinya: “Janganlah kalian khususkan malam Jumat dengan sholat tahajud sementara di malam-malam lain tidak, dan jangan khususkan hari Jumat dengan puasa, sementara di hari-hari lainnya tidak puasa.” (HR. Muslim).

Penutup

semoga kita bisa mengamalkannya setelah tau niat, tata cara, doa, dan manfaat berpuasa . Bagi Anda yang belum pernah melaksanakannya, boleh mencobanys sebab banyak keutamaan puasa sunnah ini dan merupakan anjuran Rasulullah SAW. Semoga bermanfaat!

Baca juga : Puasa Ramadhan

Ponpes Darul Ulum Addiniyah - Melayani dan Bermanfaat Bagi Banyak Orang