Tafsir Surah Al-Isra Ayat 2

Assalamualaikum, kali ini kami akan melanjutkan kajian tafsir dari yang sebelumnya. Yakni Tafsir Surah Al-Isra Ayat 2. Sebelum membaca 2 tafsir mari kita baca terlebih dahulu ayat beserta terjemahannya menurut Al-Qur’an Kemenag

Q.S Al-Isra : 2

وَاٰتَيْنَا مُوْسَى الْكِتٰبَ وَجَعَلْنٰهُ هُدًى لِّبَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ اَلَّا تَتَّخِذُوْا مِنْ دُوْنِيْ وَكِيْلًاۗ

Bacaan Lainnya

Artinya:

Dan Kami berikan kepada Musa, Kitab (Taurat) dan Kami jadikannya petunjuk bagi Bani Israil (dengan firman), “Janganlah kamu mengambil (pelindung) selain Aku.

Tafsir Jalalain Surat Al-Isra Ayat 2

Imam Al-Hakim telah meriwayatkan sebuah hadis dalam kitab Al-mustadrok riwayat dari sahabat Ibnu Abbas berkata bahwa Rasulullah Saw pernah bersabda “Saya telah melihat Tuhanku Allah telah berkalam : “Kami (Allah) telah memberikan Musa Al-kitab yakni At-Taurat dan Kami telah menjadikan Taurat itu sebagai petunjuk bagi Bani Israil dengan tujuan supaya mereka ini tidak menjadikan selain diriku sebagai wakil-wakil. Yang di maksud di sini adalah sesuatu yang yang diserahi untuk menyelesaikan urusan mereka.

Menurut 1 versi Qiroah lafadz تَتَّخِذُوْا dibaca dengan menggunakan huruf ت yang bertitik di atas huruf. Penggunaan lafadz ini sebagai bentuk iltifat atau memalingkan pembicaraan dari pihak ke-3 kepada pihak kedua.

Dan huruf ان adalah ziyadah atau tambahan yang tidak memiliki pengaruh makna.

Tafsir Ibnu Katsir Surah Al-Isra Ayat 2

Setelah Allah menuturkan tentang peristiwa isra yang di alami oleh Baginda Nabi Muhammad maka selanjutnya Allah menuturkan tentang Nabi Musa yang menjadi hamba sekaligus Nabi. Allah seringkali menyandingkan penuturan Nabi Musa bersama Nabi Muhammad, menuturkan kitab Taurat dan Al-Qur’an.

Setelah Allah menuturkan peristiwa isra kemudian Allah menuturkan tentang keberadaan Nabi Musa. Bahwa Nabi Musa itu di beri kita Taurat yang fungsinya sebagai petunjuk bagi Bani Israil. Yaitu untuk tidak menjadikan selain Allah sebagai kekasih, penolong maupun sesembahan.

Di karenakan Allah itu menurunkan setiap utusannya dengan tujuan paling pokok adalah supaya semuanya beribadah hanya kepada Allah dengan tidak menyekutukan-Nya sama sekali.

Penutup

Demikianlah kajian 2 tafsir dari Surah Al-Isra Ayat 2. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Juga : Tafsir Surah Al-Isra Ayat 3

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *