Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 1

Al-Kahfi Ayat 1

Assalamualaikum, kali ini kami akan melanjutkan kajian tafsir dari yang sebelumnya. Yakni Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 1. Sebelum membaca 4 tafsir mari kita baca terlebih dahulu ayat beserta terjemahannya menurut Al-Qur’an Kemenag


اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ عَلٰى عَبْدِهِ الْكِتٰبَ وَلَمْ يَجْعَلْ لَّهٗ عِوَجًا ۜ

Bacaan Lainnya

Artinya :
Segala puji bagi Allah yang telah menurunkan Kitab (Al-Qur’an) kepada hamba-Nya dan Dia tidak menjadikannya bengkok

Tafsir Jalalain Surat Al-Kahfi Ayat 1

Segala puji adalah sesuatu yang tetap bagi Allah Ta’ala. Yang dimaksud الحمد adalah memberikan sifat dengan sesuatu yang sangat bagus. Kemudian maksud dari pada kalimat الحمد لله ini merupakan sebuah pemberitahuan atas keimanan kepada Allah atau sebuah pujian kepada Allah melalui الحمد atau keduanya ini merupakan kemungkinan saja dalam menjelaskan الحمد.

Menurut tafsir Jalalain makna yang lebih memberi kaidah adalah makna yang ketiga. Yaitu bahwa segala puji tetap bagi Allah yang telah menurunkan Al-Kitab yakni Alquran kepada hamba-Nya, yaitu nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam. Allah SWT. tidak menjadikan makna yang bertentangan di dalam Al-Quran itu. Artinya semua ketentuan dalam Al-Quran itu tidak ada kontradiksi antara sebagian dengan bagian yang lain. Serta Al-Quran ini memiliki konsistensi dalam ketentuannya. Susunan kalimat atau jumlah kalimat الخ…ولم يجعل tarkibnya adalah hal dari sohibul hal lafadz الكتاب.

Tafsir Ibnu Katsir Surat Al-Kahfi Ayat 1

Bahwa terdapat sebuah keterangan siapa saja yang hafal 10 ayat dari awal surat Al Kahfi, maka orang tersebut akan terjaga dari Dajjal (fitnah Dajjal). Dalam Riwayat yang lain, siapa yang hafal 3 Ayat dari awal surat Al-Kahfi maka akan terjaga dari fitnah Dajjal. Rasulullah SAW pernah bersabda yang artinya, “Siapa saja yang membaca surat Al Kahfi di hari Jumat, maka Allah akan menerangi orang tersebut dengan cahaya dari hari Jumat tersebut sampai hari Jumat berikutnya.”

Dalam riwayat lain juga ada yang mengatakan bahwa siapa saja yang membaca surat Al Kahfi sebagaimana Allah menurunkan surat al-Kahfi, maka Allah akan menurunkan sebagian cahaya bagi orang tersebut besok di hari kiamat.

Riwayat lain juga mengatakan bahwa, “Siapa saja yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat maka akan dijaga dari semua fitnah selama 8 hari kedepan.”

Dan Allah itu telah menurunkan Al-Quran yang tidak ada kebohongan dan penyimpangan di dalamnya akan tetapi Al-Quran itu menuntun ke jalan yang lurus. Al-Quran itu pula memberi peringatan yang keras kepada orang-orang kafir sekaligus memberikan kabar gembira pada orang-orang yang beriman.”

Tafsir Munir Surat Al-Kahfi Ayat 1

Melalui ayat ini Allah memberitahukan dan menetapkan atas pujian-Nya dan memunculkan pujian itu di awal mula surat al-Kahfi ini. Pujian itu dikarenakan Allah Ta’ala telah menurunkan Al-Quran kepada nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wassalam yang mempunyai kesempurnaan dari segi Dzat-Nya.

Tafsir Baidhowi Surat Al-Kahfi Ayat 1

Melalui ayat ini Allah mengingatkan kepada kita bahwa Al-Quran itu adalah termasuk nikmat dari segala nikmat-nikmat-Nya yang ada. Dengan Al-Quran itu Allah Subhanahu Wa Ta’ala akan menunjukkan hamba-Nya menuju kesempurnaan sebagai hamba. Serta mengajak untuk mampu menjalani kehidupan di dunia dan di akhirat kelak dengan sebaik-baiknya.

Penutup

Demikianlah kajian 4 tafsir dari Surah Al-Kahfi Ayat 1. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Juga : Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 2-3

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *