Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 101

Tafsir Al-Kahfi Ayat 101

Assalamualaikum, kali ini kami akan melanjutkan kajian tafsir dari yang sebelumnya. Yakni Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 101. Sebelum membaca 4 tafsir mari kita baca terlebih dahulu ayat beserta terjemahannya menurut Al-Qur’an Kemenag

ۨالَّذِيْنَ كَانَتْ اَعْيُنُهُمْ فِيْ غِطَاۤءٍ عَنْ ذِكْرِيْ وَكَانُوْا لَا يَسْتَطِيْعُوْنَ سَمْعًا ࣖ – ١٠١

Bacaan Lainnya

Artinya :

(yaitu) orang yang mata (hati)nya dalam keadaan tertutup (tidak mampu) dari memperhatikan tanda-tanda (kebesaran)-Ku, dan mereka tidak sanggup mendengar.

Tafsir Jalalain Surat Al-Kahfi Ayat 101

Yang di maksud makhluk yang kafir itu adalah orang-orang yang penglihatannya tertutup untuk bisa memahami Al-Qur’an dan mereka ini adalah orang-orang yang buta mata hatinya. sehingga tidak bisa mendapatkan hidayah dari Al-Qur’an, dan mereka itu tidak mampu mendengarkan, Yakni tidak kuasa untuk mendengarkan apa saja yang di baca oleh Nabi Saw dari Al-Qur’an kepada mereka. Semua ini mereka lakukan di karenakan kebenaran mereka. Sehingga tidak mau beriman kepada Al-Qur’an.

Tafsir Ibnu Katsir Al-Kahfi Ayat 101

Yang di maksud makhluk-makhluk kafir yang di ancam oleh Allah untuk di perlihatakan neraka jahanam, mereka ini adalah orang-orang yang tidak mampu melihat, lupa dan tidak bisa mendengar kebenaran yang telah di sampaikan Baginda Nabi Muhammad Saw. Dan mereka ini tidak mampu memikirkan apa yang di perintahkan maupun apa yang di larang oleh Allah.

Tafsir Munir Al-Kahfi Ayat 101

Orang-orang yang di maksud yakni orang yang mata hatinya ketika di dunia tertutup dengan tutup yang  sangat kebal, sehingga tidak mampu untuk memperhatikan keputusan sesuai dengan ketentuan Allah Swt. Dan  mereka ini juga tidak mampu membaca Al-Qur’an dengan baik yakni membaca yang  mendapatkan pemahaman sehingga bisa beriman pada Al-Qur’an.

Tafsir Baidhowi Al-Kahfi Ayat 101

Yang di maksud lafadz ذِكْرِيْ ialah orang-orang yang tidak mampu memahami ketauhidan dan tidak mampu mengagungkan ketentuan-ketentuan Allah Swt. Keberadaan mereka yang  tidak mampu mendengarkan Al-Qur’an, sedangkan  mereka memiliki pendengaran yang  baik secara keseluruhan yakni baik pendengaran  lahiriyah  maupun bathinniyah.

Demikianlah kajian 4 tafsir dari Surah Al-Kahfi Ayat 101. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Juga : Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 102

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *