Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 102

Tafsir Al-Kahfi Ayat 102

Assalamualaikum, kali ini kami akan melanjutkan kajian tafsir dari yang sebelumnya. Yakni Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 102. Sebelum membaca 4 tafsir mari kita baca terlebih dahulu ayat beserta terjemahannya menurut Al-Qur’an Kemenag


اَفَحَسِبَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْٓا اَنْ يَّتَّخِذُوْا عِبَادِيْ مِنْ دُوْنِيْٓ اَوْلِيَاۤءَ ۗاِنَّآ اَعْتَدْنَا جَهَنَّمَ لِلْكٰفِرِيْنَ نُزُلًا

Bacaan Lainnya

Artinya :
Maka apakah orang kafir menyangka bahwa mereka (dapat) mengambil hamba-hamba-Ku menjadi penolong selain Aku? Sungguh, Kami telah menyediakan (neraka) Jahanam sebagai tempat tinggal bagi orang-orang kafir.

Tafsir Jalalain Surat Al-Kahfi Ayat 102

“Apakah orang-orang kafir itu memiliki dugaan untuk mengambil para hambaku, baik dari kalangan malaikatku, nabiku, Nabi Isa a.s maupun Nabi uzair a.s menjadikan tuhan-tuhan selain diriku (AAllah Swt) . Sesungguhnya kami (Allah) telah menyediakan neraka jahannam bagi orang-orang kafir tersebut baik mereka yang melakukan kemusyrikan maupun yang lainnya.”

Lafadz اوليا menjadi maf’ul (objek) dari lafadz fi’il mudore  ليتخيدوا adapun maf’ul kedua dari lafadz لحسب adalah maf’ul yang di buang (tidak ada tulisannya namun ada maknanya) sehingga makna nya adalah apakah mereka itu menduga kuat/ ظن bahwa menjadi kan tuhan para malaikat dan nabi Allah itu di anggapnya tidak menyebabkan Allah murka dan tidak menganggap Allah itu tidak akan marah.

Tafsir Ibnu Katsir Surat Al-Kahfi Ayat 102

Allah Swt mempertanyakan  keberadaan orang-orang yang telah menjadikannya sesembahan selain Allah dan apakah semua itu memberikan manfaat? melalui ayat ini pula Allah menjelaskan bahwa semua orang yang memiliki dugaan salah itu telah di siapkan neraka jahanam baginya sebagai tempat tinggal.

Tafsir Munir Surat Al-Kahfi Ayat 102

Bahwa ayat ini mengandung makna apakah mereka itu menduga bahwa malaikat, Nabi Isa, dan Nabi Uzair yang mereka jadikan sesembahan yang memberikan manfaat. Melalui ayat ini pula Allah menegaskan bahwa mereka ini sudah di siapkan oleh Allah neraka jahanam sebagai tempat tinggalnhya.

Tafsir baidhowi Q. S Al-Kahfi Ayat 102:

Makna yang diajukan Allah Swt ini termasuk istifham ingkari ( sebuah pertanyaan yang diajukan namun kontennya adalah mengingatkan/tidak membenarkan).

Demikianlah kajian 4 tafsir dari Surah Al-Kahfi Ayat 102. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Juga : Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 103

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *