Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 107

Tafsir Al-Kahfi Ayat 107

Assalamualaikum, kali ini kami akan melanjutkan kajian tafsir dari yang sebelumnya. Yakni Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 107. Sebelum membaca 4 tafsir mari kita baca terlebih dahulu ayat beserta terjemahannya menurut Al-Qur’an Kemenag.

اِنَّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ كَانَتْ لَهُمْ جَنّٰتُ الْفِرْدَوْسِ نُزُلًا ۙ – ١٠٧

Bacaan Lainnya

Artinya :

Sungguh, orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, untuk mereka di sediakan surga Firdaus sebagai tempat tinggal,

Tafsir Jalalain Surat Al-Kahfi Ayat 107

Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan melakukan amal-amal sholih maka baginya akan mendapatkan surga-surga firdaus sesuai dengan pengetahuan dengan pengetahuan yang di tetapkan oleh Allah SWT. Surga firdaus ini adalah surga yang kelasnya berada di tengah hingga kelas yang paling tinggi di surga itu sendiri.

Sedangkan idofah جنتالفردوس   mengandung makna penjelasan. Surga firdaus ini akan menjadi tempat tinggal bagi mereka.

Tafsir Ibnu Katsir Surat Al-Kahfi Ayat 107

Melalui ayat ini Allah SWT memberikan informasi kepada para hambanya yang beruntung. Yakni mereka ini adalah orang-orang yang beriman kepada Allah SWT,kepada para Rasul-Nya, membenarkan apa saja yang di sampaikan para Rasul-Nya. Hamba-hamba yang beruntung ini akan di berikan balasan surga-surga Firdaus.

Menurut Imam Qotadah, surga Firdaus itu adalah surga yang paling nyaman. Yang tingkatannya berada di tengah dan yang paling tinggi di dalam surga itu sendiri. Sehingga Rasulullah SAW pernah bersabda ”jika kalian semua memohon kepada Allah SWT masuk surga maka mintalah kepada Allah menghuni surga firdaus di karenakan surga Firdaus itu adalah surga yang paling luhur/tinggi dan berada di tengah. Surga Firdaus itulah yang di dalamnya akan memancarkan sungai-sungai ke dalam semua surga.

Menurut Imam Mujahid, surga Firdaus itu adalah surga yang berisi buah ruman (delima). Menurut sahabat ka’at dan yang lainnya, surga Firdaus itu berisi kebun yang yang terisi tanaman-tanaman kurma.

Lafadz  نزلا mempunyai makna suguhan berarti mengandung pengertian bahwa orang yang beruntung tersebut di siapkan suguhan besok di hari kiamat.

Tafsir Munir Surat Al-Kahfi Ayat 107

Yang dimaksud orang-orang yang beriman disini adalah orang-orang yang beriman terhadap tanda-tanda kebesaran Allah SWT dan menyakini pertemuan dengan Allah SWT. Ketentuan mendapatkan surga Firdaus ini sesuai dengan hukum Allah SWT dan janjinya Allah SWT.

Tafsir Baidhowi Surat Al-Kahfi Ayat 107

Surga Firdaus di samping merupakan surga yang paling tinggi ternyata bagian bawahnya itu terdapat kebun anggur dan kurma.

Demikianlah kajian 4 tafsir dari Surah Al-Kahfi Ayat 107. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Juga : Tafsir Al-Qur’an Surah Al-Kahfi Ayat 108

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *