Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 108

Tafsir Al-Kahfi Ayat 108

Assalamualaikum, kali ini kami akan melanjutkan kajian tafsir dari yang sebelumnya. Yakni Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 108. Sebelum membaca 4 tafsir mari kita baca terlebih dahulu ayat beserta terjemahannya menurut Al-Qur’an Kemenag


خٰلِدِيْنَ فِيْهَا لَا يَبْغُوْنَ عَنْهَا حِوَلًا

Bacaan Lainnya

Artinya :
mereka kekal di dalamnya, mereka tidak ingin pindah dari sana.

Tafsir Jalalain Surat Al-Kahfi Ayat 108

Mereka ini akan kekal di dalamnya dan mereka pun tidak ingin berpindah ke selain surga Firdaus itu.

Tafsir Ibnu Katsir Surat Al-Kahfi Ayat 108

Orang-orang yang beruntung ini ketika berada di surga firdaus tidak akan memilih lagi surga yang lain dan tidak mencintai surga yang lain. Melalui ayat ini pula mengandung sebuah penegasan atas kecintaan dan kesenangan para penghuni surga firdaus sehingga mereka pun tidak memilih tempat lain baik hanya sebatas berjalan ataupun ganti.

Tafsir Munir Surat Al-Kahfi Ayat 108

Orang-orang tersebut Ketika berada di surga firdaus sudah tidak ingin berpindah lagi ke surga yang lain. Dari ayat ini pula menunjukkan bahwa surga firdaus itu adalah surga yang paling puncak kesempurnaanya. Perlu diketahui manusia ini Ketika di dunia manakala sudah sampai pada tingkatan kebahagiaan tertentu, maka dia menginginkan untuk menikmati tingkatan kebahagiaan yang lebih tinggi darinya namun hal ini tidak berlaku Ketika sudah berada di dalam surga firdaus.

Menurut sebuah riwayat, surga Firdaus ini di dalamnya banyak dihuni oleh orang-orang yang melakukan amal ma’ruf nahi munkar.

Menurut Rasulullah SAW sesungguhnya di dalam surga itu terdapat 100 tingkatan. Antara satu dengan yang lain berjarak 100 tahun, jarak antara tingkatan kedua dan ketiga yaitu seperti perjalanan 100 tahun. kemudian surga firdaus itu adalah surga yang paling luhur. Di dalam surga itulah memancarkan aliran mata air atau sungai. Maka dari itu ketika kalian semua memohon kepada Allah SWT, memintalah untuk berada di surga firdaus.

Tafsir Baidhowi Surat Al-Kahfi Ayat 108

Para penghuni firdaus sudah tidak menginginkan pindah ke tempat lain dikarenakan sudah tidak ada surga yang lebih bagus selain surga firdaus.

Penutup

Demikianlah kajian 4 tafsir dari Surah Al-Kahfi Ayat 108. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua

Baca Juga : Tafsir Al-Qur’an Surah Al-Kahfi Ayat 109

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *