Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 2-3

Tafsir al-Kahfi ayat 2-3

Assalamualaikum, kali ini kami akan melanjutkan kajian tafsir dari yang sebelumnya. Yakni Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 2-3. Sebelum membaca 4 tafsir mari kita baca terlebih dahulu ayat beserta terjemahannya menurut Al-Qur’an Kemenag

Q.S. Al-Kahfi : 2

قَيِّمًا لِّيُنْذِرَ بَأْسًا شَدِيْدًا مِّنْ لَّدُنْهُ وَيُبَشِّرَ الْمُؤْمِنِيْنَ الَّذِيْنَ يَعْمَلُوْنَ الصّٰلِحٰتِ اَنَّ لَهُمْ اَجْرًا حَسَنًاۙ

Bacaan Lainnya

Artinya :

Artinya: “(Dia juga menjadikannya kitab) yang lurus agar Dia memberi peringatan akan siksa yang sangat pedih dari sisi-Nya dan memberi kabar gembira kepada orang-orang mukmin yang mengerjakan kebajikan bahwa mereka akan mendapat balasan yang baik.”

Q.S. Al-Kahfi : 3

مّٰكِثِيْنَ فِيْهِ اَبَدًاۙ

Artinya : “Mereka kekal di dalamnya untuk selama-lamanya.”

Tafsir Jalalain Surat Al-Kahfi Ayat 2-3

(2) Al-Qur’an tersebut berfungsi sebagai pembimbing yang lurus. Lafadz قَيِّمٗا ini tarkibnya/susunan gramatikalnya adalah hal yang ke dua yang bersifat menguatkan dari sohibul hal lafadz اْلكِتَبَ.

Al-Qur’an juga berfungsi untuk memberikan peringatan kepada para hamba yang kafir, atas adanya siksa yang pedih yang berasal dari Allah.

Al-Qur’an itu pula memberikan kabar gembira kepada orang-orang yang beriman, yakni orang-orang yang melakukan amal-amal sholih bahwasanya mereka ini akan mendapatkan pahala/upah yang baik; upah yang baik ini adalah surga.

(3) Orang yang beriman yakni orang-orang yang telah melakukan amal-amal sholih yang akan menempati surga selama-lamanya.

Tafsir Ibnu Katsir Surat Al-Kahfi Ayat 2-3

(2) Bahwa Al-Qur’an itu memiliki 2 fungsi :

  • Fungsi pertama, sebagai pemberi peringatan yang keras terhadap siapa saja yang menentang, mendustakan, dan tidak beriman kepada Al-Qur’an. Tidak hanya peringatan, tapi juga siksaan. Baik yang disegerakan di dunia maupun yang ditunda besok di hari kiamat.
  • Fungsi kedua, Al-Qur’an itu sebagai pemberi kabar gembira kepada orang-orang yang beriman pada Al-Qur’an bahwa amal sholih yang mereka kerjakan akan mendapatkan balasan dari Allah dengan balasan yang baik yaitu surga.

(3) Allah akan memberikan balasan kepada orang-orang yang beriman yakni balasan surga yang akan dihuni oleh mereka untuk selama-lamanya yang tidak akan hilang dan tak akan berhenti.

Tafsir Munir Surat Al-Kahfi Ayat 2-3

(2) Allah menurunkan Al-Qur’an itu adalah untuk mengatur kemaslahatan hamba-Nya dan membuat aturan-aturan agama.

Di samping itu, Al-Qur’an juga memberikan peringatan keras kepada orang-orang kafir akan datangnya siksa yang pedih yang Allah turunkan, begitu pula Al-Qur’an yang memberikan kabar gembira bagi orang-orang yang percaya pada Al-Qur’an.

(3) Bahwa tempat tinggal orang-orang yang beriman besok di hari kiamat adalah surga yag akan terus mereka tempati tanpa batas.

Tafsir Baidhowi Surah Al-Kahfi Ayat 2-3

(2) Al-Qur’an diciptakan oleh Alah sebagai penyeimbang kehidupan dunia dan akhirat atau untuk kemaslahatan hamba dan untuk kesempurnaan hamba itu sendiri.

(3) Orang-orang yang beriman ini akan mendapatkan pahala tanpa ada putusnya.

Penutup

Demikianlah kajian 4 tafsir dari Surah Al-Kahfi Ayat 2-3. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Juga : Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 4-5

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *