Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 48

Tafsir Al-Kahfi Ayat 48

Assalamualaikum, kali ini kami akan melanjutkan kajian tafsir dari yang sebelumnya. Yakni Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 48. Sebelum membaca 4 tafsir mari kita baca terlebih dahulu ayat beserta terjemahannya menurut Al-Qur’an Kemenag

Q.S. Al-Kahfi : 48

وَعُرِضُوا عَلَىٰ رَبِّكَ صَفًّا لَقَدْ جِئْتُمُونَا كَمَا خَلَقْنَاكُمْ أَوَّلَ مَرَّةٍ ۚ بَلْ زَعَمْتُمْ أَلَّنْ نَجْعَلَ لَكُمْ مَوْعِدًا

Bacaan Lainnya

Artinya :

Dan mereka akan dibawa kehadapan tuhanmu dengan berbaris. (Allah swt.berfirman “sesungguhnya kamu datang kepada kami, sebagaimana kami mencipkakan, bahkan kamu datang kepada kami, sebagaimana kami menciptakan kamupada pertama kali, bahkan kamu menganggap bahwa kamitidak akan menetapkan bagi kamu waktu (berbangkit  untuk memenuhi) perjanjian.

Tafsir Jalalain Surat Al-Kahfi Ayat 48

Setelah umat manusia bangkit dari alam kuburnya maka semuanya ini akan di bawa oleh malaikat untuk menghadap kepada Tuhanmu (Allah Swt) dalam keadaan berbaris (shof).

Artinya besok pada hari kiamat itu manusia ketika di giring oleh malaikat untuk mempertanggung jawabkan amal di hadapan Allah Swt mereka ini dalam keadaan berbaris sesuai dengan kelompok Nabinya masing-masing.

Di saat itulah Allah mengucapkan kembali tentang kebenaran hari kiamat kepada orang-orang yang mengingkari hari kebangkitan dari kubur.

“Sungguh benar-benar kalian semua datang kepada Kami (Allah) sebagaimana Kami menciptakan kalian semua pada awal tahapan penciptaan kalian dalam yang dalam keadaan sendiri-sendiri tanpa alas kaki, tanpa busana dan dalam keadaan belum khitan.”

Dan di saat itu pula Allah mengatakan “Bahkan kalian itu tidak lagi menduga Kami akan menjadikan hari kebangkitan kubur itu hanyalah sebatas janji.”

Tafsir Ibnu Katsir Surat Al-Kahfi Ayat 48

Ayat ini maknanya adalah bahwasannya seluruh makhluk setelah kebangkitan dari alam kubur akan berdiri di hadapan Allah Swt dalam satu barisan.

Dan pada saat itulah sebelum mereka dalam hisab di hari kiamat, Allah mengingatkan kembali dan merendahkan orang-orang yang mengingkari hari kiamat bahwasanya Allah berbicara langsung kepada mereka “Apa yang kalian duga tentang kebenaran hari ini adalah benar-benar telah terjadi kepada diri kalian.”

Tafsir Munir Surat Al-Kahfi Ayat 48

Semua umat manusia besok saat hari kiamat akan menghadap kepada Allah swt. Sebagaimana pasukan kerajaan yang menghadap pada rajanya untuk diperiksa satu per satu, dalam keadaan berbaris.

Dalam sebuah hadist shohih menjelaskan bahwasannya Allah swt itu mengumpulkan manusia golongan awal dan golongan akhir di dalam sebuah tempat yang agak naik dalam keadaan berbaris.

Dalam satu hadist lain menerangkan akhir dari penghuni surga itu berjumlah 120 baris dan pada saat hari kiamat

itulah semua umat manusia dalam keadaan tidak memakai sandal (tanpa alas kaki), tanpa busana kecuali orang-orang tertentu.

Tafsir Baidhowi Surat Al-Kahfi Ayat 48

Semua manusia yang dihadapkan oleh malaikat di depan Allah mereka ini antara satu dengan yang lain tidak ada yang terhalang-halangi. Semua manusia itu tidak ada satupun yang mengikutinya baik harta maupun keturunannya.

Penutup

Demikianlah kajian 4 tafsir dari Surah Al-Kahfi Ayat 48. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Juga : Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 48

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *