Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 51

Tafsir Al-Kahfi Ayat 51

Assalamualaikum, kali ini kami akan melanjutkan kajian tafsir dari yang sebelumnya. Yakni Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 51. Sebelum membaca 4 tafsir mari kita baca terlebih dahulu ayat beserta terjemahannya menurut Al-Qur’an Kemenag

Q.S. Al-Kahfi : 51

مَآ اَشْهَدْتُّهُمْ خَلْقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ وَلَا خَلْقَ اَنْفُسِهِمْۖ وَمَا كُنْتُ مُتَّخِذَ الْمُضِلِّيْنَ عَضُدًا

Bacaan Lainnya

Artinya :

Aku tidak menghadirkan mereka (Iblis dan anak cucunya) untuk menyaksikan penciptaan langit dan bumi dan tidak (pula) penciptaan diri mereka sendiri; dan Aku tidak menjadikan orang yang menyesatkan itu sebagai penolong.

Tafsir Jalalain Surat Al-Kahfi Ayat 51

Saya (Allah Swt) tidaklah menghadirkan iblis dan keturunannya untuk ikut mempersaksikan penciptaan berbagai langit dan penciptaan berbagai bumi. Serta saya pula tidak menghadirkan mereka dalam penciptaan sebagian dari mereka itu sendiri.

Artinya saya (Allah) tidak menghadirkan sebagian iblis dalam menciptakan sebagian iblis yang lain. Saya (Nabi Muhammad Saw) tidak mengambil makhluk-makhluk yang sesat dari kalangan setan sebagai penolong yakni penolong dalam urusan di dunia ini.

Sehingga bagaimana mungkin kalian itu (umat Nabi Muhammad) mentaati iblis dan keturunannya.

Tafsir Ibnu Katsir Surat Al-Kahfi Ayat 51

Melalui ayat ini Allah Saw menegaskan tentang keberadaan iblis dan keturunannya adalah sama dengan makhluk yang lain dari segi tidak memiliki kekuatan apapun. Sehingga maknanya adalah bagi manusia dilarang keras untuk menjadikan iblis dan keturunannya sebagai penolong yang mampu memberi manfaat.

Tafsir Munir Surat Al-Kahfi Ayat 51

Allah Saw menegaskan bahwa sewaktu Allah menciptakan langit dan bumi Allah tidak menghadirkan iblis dan keturunannya. Dikarenakan Allah menciptakan langit dan bumi itu sebelum Allah menciptakan iblis dan keturunannya (lebih awal langit dan bumi).

Makna dari pernyataan ini bahwa Allah tidak memperlihatkan kepada iblis dan keturunannya tentang rahasia-rahasia atas segala sesuatu yang akan diciptakan oleh Allah.

Tafsir Baidhowi Surat Al-Kahfi Ayat 51

Bahwa Allah menafikan iblis dan keturunannya dalam penciptaan langit dan bumi maupun penciptaan antara mereka sendiri.

Berikutnya Baginda Nabi Muhammad Saw menegaskan bahwa karena iblis adalah sama-sama sebagai makhluk Allah seperti yang lain, maka iblis itu tidak patut untuk diikuti dan diibadahi.

Penutup

Demikianlah kajian 4 tafsir dari Surah Al-Kahfi Ayat 51. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Juga : Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 52

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *