Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 52

Tafsir Al-Kahfi Ayat 52

Assalamualaikum, kali ini kami akan melanjutkan kajian tafsir dari yang sebelumnya. Yakni Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 52. Sebelum membaca 4 tafsir mari kita baca terlebih dahulu ayat beserta terjemahannya menurut Al-Qur’an Kemenag

Q.S. Al-Kahfi : 52

وَيَوْمَ يَقُوْلُ نَادُوْا شُرَكَاۤءِيَ الَّذِيْنَ زَعَمْتُمْ فَدَعَوْهُمْ فَلَمْ يَسْتَجِيْبُوْا لَهُمْ وَجَعَلْنَا بَيْنَهُمْ مَّوْبِقًا

Bacaan Lainnya

Artinya :

Dan (ingatlah) pada hari (ketika) Dia berfirman “Panggil lah olehmu sekutu sekutu Ku yang kamu anggap itu.”

Mereka lalu memanggilnya, tetapi mereka (sekutu-sekutu) tidak membalas (seruan) mereka dan Kami adakan untuk mereka tempat kebinasaan (neraka).

Tafsir Jalalain Surat Al-Kahfi Ayat 52

Ingatlah wahai Muhammad pada hari kiamat nanti Allah akan berkalam “wahai orang orang kafir musyrik panggilah para berhala berhala

yang engkau jadikan sekutu bagi-Ku, yakni apa saja yang kalian duga sewaktu di dunia mampu menolong kalian.”

Kemudian yang terjadi adalah orang-orang kafir musyrik pun memanggil para sekutunya itu. Namun sekutu-sekutunya itu baik berhala maupun yang lain tidak menjawab panggilan yang disampaikan.

Dan Kami (Allah) jadikan antara mereka yakni antara berhala dan penyembah berhala adalah sebagai sesuatu yang rusak sebab mereka terpisah di jurang-jurang neraka jahannam. Orang kafir musyrik dan para berhala itu semuanya rusak di dalam neraka jahannam.

Tafsir Ibnu Katsir Surat Al-Kahfi Ayat 52

Melalui ayat ini Allah Swt memberikan informasi tentang percakapan yang terjadi antara orang-orang musyrik dan sesuatu yang di persekutukan ketika hidup di dunia.

Informasi ini di sampaikan oleh Allah Swt di dunia ini. Tujuannya adalah untuk mengingatkan dengan disertai penghinaan kepada orang-orang musyrik yang akan mereka alami besok di hari kiamat.

Orang-orang musyrik ini akan memanggil sekutu sekutu mereka di dunia dengan maksud meminta pertolongan atas keadaan yang di alami di dalam neraka jahannam.

Mereka pun benar-benar memanggil sekutunya itu, namun tidak ada jawaban apapun dan pertolongan apapun dari yang di sekutukannya itu.

Bahkan Allah menjadikan orang orang musyrik dan para sekutunya itu berada di dalam jurang neraka jahannam yang penuh dengan darah dan nanah.

Tafsir Munir Surat Al-Kahfi Ayat 52

Melalui ayat ini Nabi Muhammad Saw di perintahkan Allah, untuk mengingatkan orang-orang musyrik tentang kehidupan mereka kelak besok di hari kiamat.

Yang sewaktu di dunia mengatakan bahwa sekutunya itu yang mampu mencegah dirinya dari siksa Allah. Yang mereka sekutukan itu adalah para malaikat, Nabi Uzair, Nabi Isa a.s dan Siti Maryam a.s.

Namun yang terjadi semua yang di sekutukan tidak mampu menjawab atas keluhan yang di sampaikan orang yang menyekutukan Allah itu sewaktu di dunia.

Orang yang menyekutukan itu di masukkan ke dalam neraka sedangkan beliau-beliau yang di persekutukan di masukkan ke dalam surga.

Tafsir Baidhowi Surat Al-Kahfi Ayat 52

Melalui ayat ini Allah menyampaikan kalamNya kepada orang orang kafir yang sewaktu di dunia menyekutukan Allah dengan apapun Hingga menyekutukan Allah dengan iblis.

Penyebutan dialog orang kafir dengan sesuatu yang di persekutukannya itu merupakan bentuk penghinaan Allah kepada orang-orang kafir.

Penutup

Demikianlah kajian 4 tafsir dari Surah Al-Kahfi Ayat 52. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Juga : Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 53

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *