Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 53

Tafsir Al-Kahfi Ayat 53

Assalamualaikum, kali ini kami akan melanjutkan kajian tafsir dari yang sebelumnya. Yakni Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 53. Sebelum membaca 4 tafsir mari kita baca terlebih dahulu ayat beserta terjemahannya menurut Al-Qur’an Kemenag

Q.S. Al-Kahfi : 53

وَرَاَ الْمُجْرِمُوْنَ النَّارَ فَظَنُّوْٓا اَنَّهُمْ مُّوَاقِعُوْهَا وَلَمْ يَجِدُوْا عَنْهَا مَصْرِفًا

Bacaan Lainnya

Artinya :

“Dan orang yang berdosa melihat neraka, lalu mereka menduga, bahwa mereka akan jatuh ke dalamnya, dan mereka tidak menemukan tempat berpaling darinya.”

Tafsir Jalalain Surat Al-Kahfi Ayat 53

Menurut tafsir Jalalain bahwa orang-orang yang berbuat dosa itu telah melihat neraka di hari kiamat kelak dan mereka pun meyakini bahwa diri mereka akan jatuh ke dalam neraka. Dan mereka pun ketika sudah berada di dalam neraka meyakini tidak menemukan tempat untuk berpindah.

Tafsir Ibnu Katsir Surat Al-Kahfi Ayat 53

Menurut tafsir  Ibnu Katsir bahwa neraka jahannam itu di hidupkan dengan menggunakan 70.000 bara api. Dan setiap bara api dijaga oleh 1000 malaikat.

Sehingga melihat kenyataan ini orang-orang yang melakukan dosa sampai hari kiamat meyakini bahwa mereka akan masuk di dalamnya.

Dan jikalau sudah masuk neraka mereka tidak bisa berpindah. Penyampaian berita kepada orang-orang yang melakukan dosa ini tujuannya adalah memberikan ketakutan dan kesedihan yang mereka alami sewaktu di dunia.

Tafsir Munir Surat Al-Kahfi Ayat 53

Menurut tafsir Munir bahwa orang-orang pelaku dosa yakni dari kalangan orang kafir melihat neraka ini sebagai sebuah tempat yang sangat jauh letaknya.

Dan karena dosanya itu pula mereka sudah meyakini akan masuk ke dalamnya dan meyakini tidak bisa keluar dari neraka itu di samping mereka akan melihat para malaikat di yang menjaga neraka itu.

Tafsir Baidhowi Surat Al-Kahfi Ayat 53

Menurut tafsir Baidhowi bahwa orang-orang yang melakukan dosa besar yang tidak terampuni sampai besok di hari kiamat akan melihat dengan mata mereka sendiri tentang neraka.

Dan mereka meyakini atas diri mereka sendiri yang akan masuk ke dalamnya dan ketika sudah ada di dalam neraka, mereka pun meyakini tidak mungkin keluar dari dalamnya.

Penutup

Demikianlah kajian 4 tafsir dari Surah Al-Kahfi Ayat 53. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Juga : Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 54

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *