Tafsir Al-Qur’an Surah Al-Kahfi Ayat 69

Tafsir Al-Kahfi Ayat 69

Assalamualaikum, kali ini kami akan melanjutkan kajian tafsir dari yang sebelumnya. Yakni Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 69. Sebelum membaca 4 tafsir mari kita baca terlebih dahulu ayat beserta terjemahannya menurut Al-Qur’an Kemenag

Q.S. Al-Kahfi : 69

قَالَ سَتَجِدُنِيْٓ اِنْ شَاۤءَ اللّٰهُ صَابِرًا وَّلَآ اَعْصِيْ لَكَ اَمْرًا

Bacaan Lainnya

Artinya :
Dia (Musa) berkata, “Insya Allah akan engkau dapati aku orang yang sabar, dan aku tidak akan menentangmu dalam urusan apa pun.”

Tafsir Jalalain Surat Al-Kahfi Ayat 69

Selanjutnya Nabi Musa a.s pun berkata “Engkau (Nabi Khidir) akan menemukan saya jikalau Allah menghendaki adalah orang yang sabar dan saya pun tidak akan menentang/maksiat atas segala perintah yang engkau berikan kepadaku.”

Ucapan Nabi Musa ini diberi qoyyid {catatan) dengan adanya masyi’atillah. Yakni kehendak Allah karena Nabi Musa itu adalah seorang Nabi yang benar-benar tidak pernah berpegang teguh pada dirinya atas segala ketentuan yang berlaku.

Dan qoyyid ini adalah kebiasaan para Nabi dan juga para kekasih Allah. Sehingga beliau-beliau itu tidak pernah bersandar atas diri mereka sendiri dalam menghadapi semua kenyataan walaupun hanya sekejap mata.

Tafsir Ibnu Katsir Surat Al-Kahfi Ayat 69

Nabi Musa berkata kepada Nabi Khidir a.s. “Insya Allah engkau akan mendapati saya sebagai orang yang sabar untuk menghadapi segala urusan yang ada pada engkau dan saya pun tidak akan menentang sedikit pun kepada engkau” (Komitmen Nabi Musa a.s kepada Nabi Khidir a.s)

Tafsir Munir Surat Al-Kahfi Ayat 69

Ayat ini menunjukan pernyataan Nabi Musa a.s yang akan siap memenuhi pemberian persyaratan oleh Nabi Khidir a.s.

Tafsir Baidhowi Surat Al-Kahfi Ayat 69

Nabi Musa menyatakan tidak akan ingkar terhadap Nabi Khidir a.s. Pengajuan persyaratan oleh Nabi Khidir ini kepada Nabi Musa merupakan persyaratan yang berat. Karena pada saatnya nanti Nabi Musa akan melihat sebuah kerusakan yakni tindakan yang bertentangan dengan aturan.

Sedangkan keadaan sabar menghadapi tindakan kerusakan ini merupakan persoalan yang sangat berat. Dari pengajuan persyaratan ini terdapat dalil bahwasanya “Semua perbuatan hamba-hamba Allah itu terjadi atas kehendak-Nya.”

Penutup

Demikianlah kajian 4 tafsir dari Surah Al-Kahfi Ayat 69. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Juga : Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 70

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *