Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 70

Tafsir Al-Kahfi Ayat 70

Assalamualaikum, kali ini kami akan melanjutkan kajian tafsir dari yang sebelumnya. Yakni Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 70. Sebelum membaca 4 tafsir mari kita baca terlebih dahulu ayat beserta terjemahannya menurut Al-Qur’an Kemenag

قَالَ فَاِنِ اتَّبَعْتَنِيْ فَلَا تَسْـَٔلْنِيْ عَنْ شَيْءٍ حَتّٰٓى اُحْدِثَ لَكَ مِنْهُ ذِكْرًا – ٧٠

Bacaan Lainnya

Artinya :

Dia berkata, “Jika engkau mengikutiku, maka janganlah engkau menanyakan kepadaku tentang sesuatu apa pun, sampai aku menerangkannya kepadamu.”

Tafsir Jalalain Surat Al-Kahfi Ayat 70

Kemudian Nabi Khidir berkata kepada Nabi Musa “Jikalau engkau mengikutiku (Nabi Khidir) maka janganlah engkau menanyakan kepadaku tentang suatu apapun yang engkau ingkari dari diriku berdasarkan ilmu. Dan tetaplah engkau bersabar sehingga pada saatnya nanti saya akan menceritakan kepadamu tentang alasan apa yang saya lakukan sebagai penjelasannya.”

Mendengar persyaratan Nabi Khidir ini maka Nabi Musa pun menerima dengan sepenuh hati sebagai bentuk menjaga etika seorang pencari ilmu kepada seorang gurunya.

Tafsir Ibnu Katsir Surat Al-Kahfi Ayat 70

Bahwasannya terdapat sebuah riwayat dari sahabat Ibnu Abbas bahwa Nabi Musa pernah bertanya kepada Allah “Wahai Tuhanku, siapakah di antara para hamba-Mu yang lebih cinta kepada-Mu?“ Maka Allah menjawab “Ialah mereka orang-orang yang ahli berdzikir kepada-Ku dan tidak pernah melupakan-Ku”

Kemudian Nabi Khidir berkata “Siapakah di antara hamba-hamba-Mu yang lebih bisa memutuskan dengan keputusan yang baik?” Maka Allah menjawab “Ialah orang yang dapat memutuskan urusan dengan benar serta tidak mengikuti hawa nafsu.”

Kemudian Nabi Musa bertanya lagi “Siapakah di antara hamba-hamba-Mu yang lebih alim?” Allah Swt menjawab “Ialah mereka yang mengajarkan ilmu kepada manusia. Dengan harapan dirinya bisa menyampaikan sebuah kalimat yang bisa mengantarkannya pada petunjuk Allah.”

Kemudian Nabi Musa bertanya lagi, “Di bumi ini adakah orang yang lebih alim dari saya?” Lalu Allah Swt menjawab “Ya.” Nabi Musa bertanya lagi “Siapakah dia?” Dan Allah menjawab “Dia adalah Khidir.”

Tafsir Munir Surat Al-Kahfi Ayat 70

Syarat yang di ajukan oleh Nabi Khidir kepada Nabi Musa adalah syarat ilmu yang nantinya bertentangan dengan ilmu dzohirnya Nabi Musa. Dan selama Nabi Khidir belum menjelaskan alasannya, maka Nabi Musa di larang bertanya.

Tafsir Baidhowi Surat Al-Kahfi Ayat 70

Nabi Khidir mensyaratkan Nabi Musa agar boleh mengikutinya untuk tidak bertanya apapun atas segala peristiwa yang di ingkari Nabi Musa dan tidak di ketahui jalan kebenarannya peristiwa itu.

Sehingga pada saatnya nanti Nabi Khidir lah yang akan menerangkan semua peristiwa yang di lihat oleh Nabi Musa.

Penutup

Demikianlah kajian 4 tafsir dari Surah Al-Kahfi Ayat 70. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Juga : Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 71

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *