Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 84-85

Tafsir Al-Kahfi Ayat 84-85

Assalamualaikum, kali ini kami akan melanjutkan kajian tafsir dari yang sebelumnya. Yakni Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 84-85. Sebelum membaca 4 tafsir mari kita baca terlebih dahulu ayat beserta terjemahannya menurut Al-Qur’an Kemenag

Q.S. Al-Kahfi : 84


اِنَّا مَكَّنَّا لَهٗ فِى الْاَرْضِ وَاٰتَيْنٰهُ مِنْ كُلِّ شَيْءٍ سَبَبًا ۙ

Bacaan Lainnya

Artinya :
Sungguh, Kami telah memberi kedudukan kepadanya di bumi, dan Kami telah memberikan jalan kepadanya (untuk mencapai) segala sesuatu,

Q.S. Al-Kahfi : 85


فَاَتْبَعَ سَبَبًا

Artinya :
maka dia pun menempuh suatu jalan.

Tafsir Jalalain Surat Al-Kahfi Ayat 84-85

(84) Sesungguhnya kami (Allah) sungguh telah menempatkan Dzulqornain di muka bumi dengan memberi kemudahan dalam menguasainya dan memberi Dzulqornain jalan yang bisa menyampaikan pada semua yang diinginkannya.

(85) Kemudian Raja Dzulqornain berjalan menuju arah barat.

Tafsir Ibnu Katsir Surat Al-Kahfi Ayat 84-85

(84) Melalui ayat ini, Allah Swt memberikan informasi bahwa Allah memberi kekuasaan yang luas sehingga memungkinkan untuk menjadi raja yang besar, alat-alat perang yang lengkap dan berbagai sarana kekuasaan dan prasarana yang mumpuni.

(85) Bahwa Raja Dzulqornain itu kekuasaannya berada di tengah antara timur dan barat. Menurut Imam Qotadah, Raja Dzulqornain ini menguasai belahan bumi yang paling timur dan barat.

Tafsir Munir Surat Al-Kahfi Ayat 84-85

(84) Allah telah memberikan kekuasaan kepada Dzulqornain sebagai raja, yakni diberikan kecerdasan, diberikan kemampuan untuk melihat di waktu siang dan malam dengan sangat jelas. Dan diberi kemudahan untuk berjalan dimuka bumi.

Begitu pula Allah memberikannya segala sesuatu yang dibutuhkan, untuk kemaslahatan kekuasaannya misalnya diberi sarana yang memudahkan untuk menjalankan kekuasaan seperti alat/sarana transportasi.

(85) Raja Dzulqornain ini kekuasaannya mencakup berbagai arah yang penuh dengan rasa keadilan.

Tafsir Baidhowi Surat Al-Kahfi Ayat 84-85

(84) Allah memberikan kekuasaan yang banyak kepada raja untuk mengatur kekuasaannya sesuai yang di inginkan. Dengan di beri sebab yang bisa menyampaikan pada kekuasaannya tersebut yakni memiliki ilmu, memiliki kemampuan serta mempunyai sarana yang memadai.

(85) Setiap perjalanan dalam menjalankan kekuasaannya Raja Dzulqornain selalu menyertai dengan ilmu, kekuasaan dan sarana prasarana.

Penutup

Demikianlah kajian 4 tafsir dari Surah Al-Kahfi Ayat 84-85. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Juga : Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 86

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *