Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 88

Tafsir Al-Kahfi Ayat 88

Assalamualaikum, kali ini kami akan melanjutkan kajian tafsir dari yang sebelumnya. Yakni Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 88. Sebelum membaca 4 tafsir mari kita baca terlebih dahulu ayat beserta terjemahannya menurut Al-Qur’an Kemenag

وَأَمَّا مَنۡ ءَامَنَ وَعَمِلَ صَٰلِحٗا فَلَهُۥ جَزَآءً ٱلۡحُسۡنَىٰۖ وَسَنَقُولُ لَهُۥ مِنۡ أَمۡرِنَا يُسۡرٗا  ٨٨

Bacaan Lainnya

Adapun orang-orang yang beriman dan beramal saleh, maka baginya pahala yang terbaik sebagai balasan, dan akan kami titahkan kepadanya (perintah) yang mudah dari perintah-perintah kami”.

Tafsir Jalalain Surat Al-Kahfi : 88

Menurut tafsir jalalain, raja Dzulqornain kemudian berkata kembali “Adapun orang- orang bermain dan melakukan amal sholih

Maka baginya akan mendapatkan balasan yang baik, balasan yang baik itu adalah surga.

Dan kamipun akan mengucapkan kembali padanya “baginya orang yang beriman dan beramal sholeh ini baginya akan kami berikan perintah yang mudah baginya.”

idofah (susunan menggabungkan dua kata) yakni جَزَآءً ٱلۡحُسۡنَىٰۖ maknanya menunjukkan penjelasan bukan makna idofah yang lain (makna di dalam dan makna dari).

menurut Imam Al Faro lafad جَزَآء dibaca جَزَآءً ز , dibaca nasobnya ini karena untuk menjelaskan yakni menjelaskan status orang yang yang beriman dan beramal solih.

Tafsir Ibnu Katsir Surat Al-Kahfi : 88

Menurut tafsir ibnu katsir, bahwa kaumnya raja Dzulqornain yang mau mengikuti seruan beliau untuk beribadah kepada Allah.

Maka merekapun diinformasikan akan mendapatkan balasan di hari kiamat dan mereka ini akan mendapatkan perlakuan yang baik.

Tafsir Munir Surat Al-Kahfi : 88

Menurut tafsir munir, bahwa rakyatnya raja Dzulqornain yang beriman dan beramal sholeh akan mendapatkan balasan surge pada hari kiamat.

Dan di dunia akan mendapatkan perlakuan yang baik dengan kebijakan yang tidak merepotkan.

Tafsir Baidlowi Surat Al-Kahfi : 88

Menurut tafsir baidlowi, bahwa raja Dzulqornain dalam menghadapi kaumnya yang beriman dan beramal sholeh beliaupun memberikan kabar gembira.

Untuk mereka yang akan mendapatkan balasan yang baik yang terjadi di dunia maupun di akhirat.

Serta raja Dzulqornain itu akan memperlakukan mereka dengan perlakuan yang gampang tanpa diberikan kebijakan yang memberatkan.

Penutup

Demikianlah kajian 4 tafsir dari Surah Al-Kahfi Ayat 88. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Juga : Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 89-90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *