Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 91

Tafsir Al-Kahfi Ayat 91

Assalamualaikum, kali ini kami akan melanjutkan kajian tafsir dari yang sebelumnya. Yakni Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 91. Sebelum membaca 4 tafsir mari kita baca terlebih dahulu ayat beserta terjemahannya menurut Al-Qur’an Kemenag

Q.S. Al-Kahfi : 91

 كَذَٰلِكَۖ وَقَدۡ أَحَطۡنَا بِمَا لَدَيۡهِ خُبۡرٗا ٩١

Bacaan Lainnya

Artinya :

“demikianlah. dan sesungguhnya ilmu Kami meliputi segala apa yang ada padanya”

Tafsir Jalalain Surat Al-Kahfi Ayat 91

Setelah Raja Dzulqornain melihat kenyataan kaumnya ini, maka beliau pun tetap melaksanakan tugas sebagai seorang raja untuk memeperhatikan rakyatnya dan mengajak mereka untuk menyembah kepada Allah.

Sebagaimana penjelasan yang telah Kami sampaikan. Sungguh benar-benar ilmunya Allah itu diberikan kepada Raja Dzulqornain.

Yakni Allah Swt itu memberikan Raja Dzulqornain berbagai sarana dan prasarana, bala tentara yang kuat dan semua keburukan untuk menjalankan kekuasaan serta Allah itu memeberikan pengetahuan yang cukup kepada Raja Dzulqornain.

Tafsir Ibnu Katsir Surat Al-Kahfi Ayat 91

Melalui ayat ini, Allah mengabarkan tentang keberadaan Raja Dzulqornain dalam menghadapi masyarakat timur itu dengan tetap menjalankan tugas sebagai peminpin. Untuk mengajak kaumnya menyembah kepada Allah tanpa membedakan asal muasal.

Tafsir Munir Surat Al-Kahfi Ayat 91

Bahwa Raja Dzulqornain itu memperlakukan secara sama penduduknya yang berada di wilayah barat maupun di wilayah timur. Yakni akan memberikan sanksi kepada yang membangkang setelah didakwahi dan akan memberikan balasan yang baik kepada siapa saja yang beriman.

Sungguh Allah akan memeberikan ilmunya kepada Raja Dzulqornain dalam menjalankan kekuasaannya.

Tafsir Baidhowi Surat Al-Kahfi Ayat 91

Bahwa kebijakan Raja Dzulqornain tetap diterapkan sebagaimana yang Kami jelaskan yakni beliau memperlakukan sama masyarakat di wilayah barat dan masyarakat di wilayah timur.

Dari segi memberikan pilihan yakni akan diperlakukan baik jika mau mengikuti perintah raja atau akan disiksa jika menentang perintah raja.

Di samping itu pula Raja Dzulqornain memberikan kesempatan kepada masyarakatnya untuk melakukan usaha-usaha agar mereka mampu untuk hidup yang lebih baik.

Penutup

Demikianlah kajian 4 tafsir dari Surah Al-Kahfi Ayat 91. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Juga : Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 92-93

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *