Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 94

Tafsir Al-Kahfi Ayat 94

Assalamualaikum, kali ini kami akan melanjutkan kajian tafsir dari yang sebelumnya. Yakni Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 94. Sebelum membaca 4 tafsir mari kita baca terlebih dahulu ayat beserta terjemahannya menurut Al-Qur’an Kemenag

Q.S. Al-Kahfi : 94

قَالُواْ يَٰذَا ٱلۡقَرۡنَيۡنِ إِنَّ يَأۡجُوجَ وَمَأۡجُوجَ مُفۡسِدُونَ فِي ٱلۡأَرۡضِ فَهَلۡ نَجۡعَلُ لَكَ خَرۡجًا عَلَىٰٓ أَن تَجۡعَلَ بَيۡنَنَا وَبَيۡنَهُمۡ سَدّٗا  ٩٤

Bacaan Lainnya

Artinya :

Mereka berkata: “Hai Dzulkarnain, sesungguhnya Ya’juj dan Ma’juj itu orang-orang yang membuat kerusakan di muka bumi, maka dapatkah kami memberikan sesuatu pembayaran kepadamu, supaya kamu membuat dinding antara kami dan mereka?”

Tafsir Jalalain Surat Al-Kahfi Ayat 94

Kaum yang ditemui Raja Dzulqornain ini yang memiliki kesulitan dalam berbicara. selanjutnya mereka berkata kepada Raja Dzulqornain “Wahai Raja Dzulqornain, sesungguhnya ya’juj dan ma’juj adalah orang-orang yang berbuat kerusakan di muka bumi ini.

Yakni mereka berbuat onar dan melakukan peyimpangan ketika mereka keluar dari wilayahnya menuju wilayah kami.

Apakah kami bisa memberikan upah kepadamu dari harta yang kami miliki sekiranya engkau berkenan membuat dinding/benteng yang memisahkan kami dengan ya’juj dan ma’juj itu sehingga dengan dinding/benteng ini mereka tidak bisa menggangu kami.”

Lafadz يَأۡجُوجَ وَمَأۡجُوجَ bisa di baca tanpa hamzah yakni يَجُوجَ وَمَجُوجَ  nama ini adalah dua nama yang sifatnya Azam (bangsa selain Arab) yang menunjukkan dua nama kabilah/suku. Dua nama ini termasuk isim atau kata kerja yang tidak menerima tanwin (ghoiru munshorif ).

Lafadz خَرۡجًا  menurut satu versi qiroah di baca خَرَجًا

Tafsir Ibnu Katsir Surat Al-Kahfi Ayat 94

Kaum yang di temui Raja Dzulqornain ini menyampaikan keluh kisahnya kepada Raja Dzulqornain tentang perlakuan ya’juj ma’juj yang sangat menggangu mereka.

Sehingga kaum ini pun siap memberi upah yang besar kepada Raja Dzulqornain jika mampu membuat tembok / benteng yang bisa mengamankan diri mereka dari gangguan ya’juj dan ma’juj.

Tafsir Munir Surat Al-Kahfi Ayat 94

Melalui perantara penerjemah yakni punggawa Raja Dzulqornain yang memahami bahasa kaum ini. Maka melalui penerjemah ini berkata tentang keberadaan ya’juj dan ma’juj yang berbuat kerusakan di wilayah mereka.

Yakni mereka adalah sekelompok orang yang akan memakan semua tanaman-tanaman hijau dan akan membawa pergi/merampas semua hasil bumi yang sudah kering.

Serta ya’juj ma’juj ini membunuh anak-anak kami. Suku ya’juj ma’juj ini jumlahnya ribuan yakni ya’juj sendiri terdapat 4 ribu anggota. Dan begitu pula ma’juj, tingginya mereka ini di atas 100 dziro’.

Tafsir Baidhowi Surat Al-Kahfi Ayat 94

Melalui penerjemah orang yang paham kaum ini maka mereka pun menyampaikan permasalahan yang di hadapi oleh kaum ini kepada Raja Dzulqornain.

Bahwa suku ya’juj ma’juj itu yang berasal dari kawasan Turki telah melakukan keonaran di wilayah kami. Yakni dengan melakukan pembunuhan, perobohan rumah-rumah, merusakan tanaman-tanaman kami sehingga kami sangat ketakutan.

Di kisahkan suku ya’juj ma’juj ini keluar di musim semi dan mereka ini ketika melewati tanaman yang hijau semuanya di makan dan makanan yang sudah kering mereka bawa dengan cara  dirampas.

Karena hal inilah mereka mengajukan pertolongan kepada Raja Dzulqornain dengan siap memberi upah kepada Raja Dzulqornain ketika mereka bisa di buatkan benteng keamanan.

Penutup

Demikianlah kajian 4 tafsir dari Surah Al-Kahfi Ayat 94. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Juga : Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 95

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *