Whatsapp-Button

Surat Al-Isra ayat 3

Assalamualaikum, kali ini kami akan melanjutkan kajian tafsir dari yang sebelumnya. Yakni Tafsir Surah Al-Isra Ayat 3. Sebelum membaca 2 tafsir mari kita baca terlebih dahulu ayat beserta terjemahannya menurut Al-Qur’an Kemenag.

Q.S Al – Isra Ayat 3

ذُرِّيَّةَ مَنْ حَمَلْنَا مَعَ نُوْحٍۗ اِنَّهٗ كَانَ عَبْدًا شَكُوْرًا

Terjemah :(Wahai) keturunan orang yang Kami bawa bersama Nuh. Sesungguhnya dia (Nuh) adalah hamba (Allah) yang banyak bersyukur.”

Tafsir Jalalain Surah Al-Isra Ayat 3

Wahai keturunan orang-orang yang telah kami selamatkan atau yang Kami bawa bersama Nuh dalam kapal sewaktu terjadi bencana banjir. Sesengguhnya Nuh AS. Adalah seorang hamba yang banyak bersyukurnya kepada Kami dan banyak memujinya dalam semua keadaan yang terjadi pada Nuh AS.

Tafsir Ibnu Katsir Surah Al-Isra Ayat 3

Melalui ayat ini Allah Ta’ala mengingatkan kepada kita semua yakni golongan keturunan orang-orang yang telah di selamatkan oleh Allah melalui kapal Nabi Nuh AS.

Dengan memperingatkan kita melalui penyebutan leluhur kita yang di didik oleh Nabi Nuh untuk bersyukur dan banyak memuji kepada Allah Ta’ala. Dalam hal ini kita sebagai umat umat Nabi Muhammad SAW. hendaknya mengingat nikmat atas nikmat yang atasnya Nabi Muhammad SAW. kepada kita.

Dalam sebuah riwayat ceritakan bahwasannya Nabi Nuh selalu memuji Allah ketika makan dan lain-lain. Karena itulah beliau di namakan hamba yang banyak bersyukurnya.

Imam Ahmad menyampaikan sebuah hadits bahwa Rasulullah SAW. pernah bersabda “ Sesungguhnya Allah Ta’ala itu sunggguh ridho dari seorang hamba ketika makan satu suap atau minum satu teguk kemudian memuji Allah dalam setiap suapan dan tegukannya itu.

Baca Juga:  Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 21

Menurut satu hadits bahwa Rasulullah SAW. pernah bersabda “Saya itu adalah pemimpin umat manusia, besok di hari kiamat.” Pada saat itu, umat manusia mendatangi Nabi Nuh AS.

Dan berkata “Wahai Nabi Nuh, engkau adalah awal dari utusan Allah, yang berada di bumi, sungguh Allah telah memberikan status kepada dirimu sebagai hamba yang banyak bersyukur, oleh karena itulah mintakanlah syafa’at kepada Allah untuk kami semua.”

Penutup

Demikianlah kajian 2 tafsir dari Surah Al-Isra ayat 3. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Ponpes Darul Ulum Addiniyah - Melayani dan Bermanfaat Bagi Banyak Orang