Syarat Menjadi Alim

alim adalah orang yang mengerti agama dan ia sadar bahwa ia mengerti, sehinggga mengamalkan dan menyebarkannya. Untuk menjadi tingkatan seorang alim seseorang itu tidak hanya dengan banyak sholat, banyak dzikir dan lain sebagainya akan tetapi ada hal-hal lain yang bisa menjadikan seseorang menjadi alim diantaranya belajar, karna dengan belajar sesorang bisa mengetahui tentang hukum-hukum syariat .

syarat-syarat menjadi alim menurut buku zadul mutaalim hasil karya ibnu maulana al- tarobani sebagai berikut :

1. Dzaka /daya ingat yang kuat

Dzaka merpakan syarat pokok menjadi alim, sebab ia mengerti sehingga bisa mengamalkan dan menyebarkannya. Orang yang masih menggunakan buku atau kitab untuk memadu ingatannya belum bisa di katakana alim.

 Solusi untuk yang memiliki daya ingat yang lemah

  • Mencatat/menulis

Sebab dengan mencatat ilmu yang sudah kita dapat dan ketika kita lupa dapat membuka catatan itu untuk mengingat daya ingat kita kembali.

  • Meninggalkan maksiat

Dengan banyaknya maksiat dapat membuat hati manusia merasa tidak tenang dan gelisah. Kondisi ini membuat pikiran tidak sempurna sebab kondisi kejiwaan sangat mempengaruhi kinerja pikiran.

  • Berjamaah

Seringnya atau bahkan kita istiqomah dalam sholat berjamaah itu sangat mempengaruhi kenerja otak kita,sebab kita tertuju pada satu titik fokus yaitu imam.

2. Cinta pada ilmu

Salah satu yang menjadi syarat pokok menjadi alim yaitu cinta terhadap ilmu, karna dengan tumbuhnya rasa cinta itu membuat pikiran dan hati terus mengingatnya. Buatlah  setiap ilmu yang di peroleh sangat berkesan di hati yaitu dengan mencintainya, niscaya ilmu akan sangat betah tinggal dalam ingatan kita.

3. Kesabar

Kesabaran adalah salah satu kunci untuk meraih cita-cita dan kemuliaan. Tentunya bagi kita seorang pelajar sangat membutuhkan ekstra kesabaran karna dalam perjalanan mencari ilmu kita akan banyak mengahdapi dengan berbagai macam cobaan seperti ekonomi, prasarana yang tidak memadai, godaan asmara dan kadang juga kita dihadapkan rasa malas yang masih susah untuk mengontrolnya.

4. Bulgoh/ bekal mencari ilmu

Orang yang mencari ilmu tentunya tidak lepas dari dia harus membeli buku,kitab, tinta dan lain sebagainya. maka dalam hal kita harus mempunyai bekal yang cukup itu juga sangat penting.


Itulah syarat-syarat menjadi alim menurut buku zadul mutaalim. Untuk itu menjadi seorang alim tidaklah mudah seperti kita membalikan kedua telapak tangan karna begitu banyak cobaan dan rintangan yang harus kita hadapi dan lalui.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *