Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 11-12

tafsir al-kahfi ayat 11-12

Assalamualaikum, kali ini kami akan melanjutkan kajian tafsir dari yang sebelumnya. Yakni Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 11-12. Sebelum membaca 4 tafsir mari kita baca terlebih dahulu ayat beserta terjemahannya menurut Al-Qur’an Kemenag

Q.S. Al-Kahfi : 11

فَضَرَبۡنَا عَلَىٰٓ ءَاذَانِهِمۡ فِي ٱلۡكَهۡفِ سِنِينَ عَدَدٗا ١١

Bacaan Lainnya

Artinya : “Maka Kami tutup telinga mereka beberapa tahun dalam gua itu.”

Q.S. Al-Kahfi : 12

ثُمَّ بَعَثۡنَٰهُمۡ لِنَعۡلَمَ أَيُّ ٱلۡحِزۡبَيۡنِ أَحۡصَىٰ لِمَا لَبِثُوٓاْ أَمَدٗا ١٢

Artinya : “Kemudian Kami bangunkan mereka, agar Kami mengetahui manakah di antara kedua golongan itu yang lebih tepat dalam menghitung berapa lama mereka tinggal (dalam gua itu).”

Tafsir Jalalain Surat Al-Kahfi Ayat 11-12

(11) Setelah para pemuda Ashabul Kahfi memohon kepada Allah maka kemudian Allah pun meresponnya dengan mengatakan : “Maka Kemudian Kami tutup telinga-telinga mereka yakni kami tidurkan mereka ke dalam gua selama beberapa hitungan tahun.”

(12) Kemudian Kami (Allah) membangkitkan para pemuda Ashabul Kahfi agar Kami (Allah) bisa memberitahukan kepada mereka mana di antara dua golongan yakni dua kelompok yang berbeda pendapat. Tentang masa diamnya mereka di dalam gua dari pemuda Ashabul Kahfi yang lebih tepat dalam menghitung masa diamnya mereka ini.

Tafsir Ibnu Katsir Surat Al-Kahfi Ayat 11-12

(11) Ayat ini merupakan jawaban Allah atas permohonan yang diajukan oleh para pemuda Ashabul Kahfi.

Yakni di saat mereka lemas di dalam gua setelah selamat dari kejaran kaumnya yang kafir itu dan mereka pun memohon kepada Allah dengan berbagai permintaan. Maka Allah menjawabnya dengan menidurkan mereka di dalam gua selama beberapa tahun yang sangat banyak.

(12) Setelah sekian masa atau waktu mereka tertidur di dalam gua akhirnya mereka pun bangun. Dan di dalam bangunnya mereka ini berbeda pendapat tentang berapa lama mereka diam di dalam gua.

Tafsir Munir Surat Al-Kahfi Ayat 11-12

(11) Melalui ayat ini Allah Swt. memberi memberikan hijab ataupun penutup pada telinga pemuda pemuda Ashabul Kahfi agar dengan hijab tersebut tidak ada suara-suara yang membangunkan tidur mereka.

(12) Tidur mereka yang sangat lama ini sehingga membuat mereka berat. Akhirnya Allah membangkitkan atau membangunkan mereka dari tidur untuk mengetahui seberapa lama mereka diam sehingga mereka menyadari kelemahan mereka dan selanjutnya menyerahkan diri kepada Allah SWT.

Tafsir Baidhowi Surat Al-Kahfi Ayat 11-12

(11) Melalui ayat ini Allah Swt. menidurkan mereka dengan memberikan hijab pada telinga mereka. Dengan hijab tersebut mereka tidak terbangun kan dengan suara apapun.

(12) Allah Swt. membangkitkan para pemuda ini dengan maksud untuk memberitahukan tentang perjalanan hidup mereka yang belum selesai dan kelemahan yang ada pada mereka sehingga mereka sadar atas kekuasaan Allah yang semakin menambah keimanan mereka.

Penutup

Demikianlah kajian 4 tafsir dari Surah Al-Kahfi Ayat 11-12. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Juga: Tafsir Surah Al-kahfi 13

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *