Tafsir Al-Qur’an Surah Al-Kahfi ayat 10

Tafsir Al-Qur'an Surah Al-Kahfi Ayat 10

Assalamualaikum, kali ini kami akan melanjutkan kajian tafsir dari yang sebelumnya. Yakni Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 10. Sebelum membaca 4 tafsir mari kita baca terlebih dahulu ayat beserta terjemahannya menurut Al-Qur’an Kemenag

Q.S. Al-Kahfi : 10

إِذۡ أَوَى ٱلۡفِتۡيَةُ إِلَى ٱلۡكَهۡفِ فَقَالُواْ رَبَّنَآ ءَاتِنَا مِن لَّدُنكَ رَحۡمَةٗ وَهَيِّئۡ لَنَا مِنۡ أَمۡرِنَا رَشَدٗا ١٠

Bacaan Lainnya

Artinya : “(Ingatlah) tatkala para pemuda itu mencari tempat berlindung ke dalam gua, lalu mereka berdoa: “Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini).”

Tafsir Jalalain Surah Al-Kahfi Ayat 10

Ingatlah wahai Muhammad! Ktika para pemuda Ashabul Kahfi menuju ke dalam gua. Yakni mereka lari ketakutan dari kejaran kaum-kaumnya yang kafir, untuk bisa menjaga iman mereka.

Lafadz اْلفَتَيَةِ merupakan bentuk jamak dari lafadz فَتَى. Pemuda ini adalah pemuda yang sempurna (beriman kepada Allah). Di saat mereka masuk ke dalam gua kemudian gua itu tertutup, sehingga mereka terjebak di dalamnya.

Kemudian mereka berdo’a “Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat dari-Mu untuk kami dan perbaikilah urusan kami agar kami mendapatkan petunjuk.”

Tafsir Ibnu Katsir Surah Al-Kahfi Ayat 10

Melalui ayat ini, Allah Ta’ala menginformasikan tentang pemuda-pemuda yang lari dari kaumnya supaya selamat dari fitnah. Perjalanan pelarian ini sampailah ke dalam gua yang berada di pegunungan. Keberadaaan mereka yang berada di dalam gua ini menjadi problem yang baru bagi mereka.

Ketika di dalam gua ini mereka berdo’a. Yang maknanya adalah mereka memohon rahmat, kasih sayang Allah sehingga terjauhkan dari laknat dan minta terputus/tertutup dari kejaran kaumnya dan mereka meminta akhir dari perjalanan ini adalah perjalanan yang membawa hidayah kepada Allah Ta’ala.

Dalam sebuah hadits Rasulullah Saw. pernah bersabda, “Apa saja yang telah Engkau putuskan kepada kami atas sebuah keputusan maka semoga Engkau wahai Allah, jadikanlah akhir  dari keputusan yang baik.”

Dari Rasulullah Saw. beliau mengajarkan do’a kepada kita ketika dalam menjalani hidup di dunia dan di akhirat, yang artinya: “Wahai Allah, berikanlah akhir yang baik dalam segala urusan kami semuanya dan selamatkanlah kami dari kehinaan dunia maupun adzab akhirat kelak.”

Tafsir Munir Surah Al-Kahfi Ayat 10

Setelah Ashabul Kahfi, yakni para pemuda yang berhasil menyelamatkan diri dari kejaran (fitnah) kaumnya dan akhirnya berada di dalam sebuah gua serta di dalam gua ini mereka terjebak tidak bisa kemana-mana. Maka di saat itulah mereka berdo’a yang intinya adalah mereka meminta ampunan dari Allah, meminta rizki dan rasa aman dari musuh kepada Allah dan permudahkanlah urusan kami dari perjalanan pindah dari kaum orang kafir untuk menuju ketaatan kepada Allah.

Tafsir Baidhowi Surah Al-Kahfi Ayat 10

Para pemuda ini ternyata kaum elit bangsa romawi yang telah beriman. Namun mengalami problem dengan masyarakatnya yang masih musyrik. Persembunyian yang mereka tempati adalah sebuah gua yaitu sebuah tempat yang tertutup dari musuh dan semua yang dibutuhkan. Sehingga mereka pun berdo’a di dalam gua ini yang intinya mereka meminta ampunan dari Allah, meminta rizki kepada Allah dan meminta keselamatan dari kejaran musuh. Mereka juga meminta pertolongan kepada Allah dengan sebab mufarroqoh /memisahkan diri dari orang kafir. Pertolongan itu ialah pertolongan dari Allah agar tetap mendapatkan hidayah dan problem yang dihadapi adalah problem yang berakhir kebaikan.

Penutup

Demikianlah kajian 4 tafsir dari Surah Al-Kahfi Ayat 10. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Juga: Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 11-12

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *