Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 13

tafsir-al-quran-surah-al-kahfi-ayat-13

Assalamualaikum, kali ini kami akan melanjutkan kajian tafsir dari yang sebelumnya. Yakni Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 13. Sebelum membaca 4 tafsir mari kita baca terlebih dahulu ayat beserta terjemahannya menurut Al-Qur’an Kemenag

Q.S. Al-Kahfi : 13

نَّحۡنُ نَقُصُّ عَلَيۡكَ نَبَأَهُم بِٱلۡحَقِّۚ إِنَّهُمۡ فِتۡيَةٌ ءَامَنُواْ بِرَبِّهِمۡ وَزِدۡنَٰهُمۡ هُدٗى  ١٣

Bacaan Lainnya

Artinya : “Kami kisahkan kepadamu (Muhammad) cerita ini dengan benar. Sesungguhnya mereka adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada Tuhan mereka, dan Kami tambah pula untuk mereka petunjuk.”

Tafsir Jalalain Surat Al-Kahfi Ayat 13

Kami (Allah) telah menceritakan kepadamu kisah para pemuda Ashabul Kahfi dengan benar.

esungguhnya mereka itu adalah sekelompok pemuda yang beriman kepada Tuhan mereka dan Kami tambahkan hidayah kepada mereka.

Tafsir Ibnu Katsir Surat Al-Kahfi Ayat 13

Dari ayat (Al-Kahfi ayat 13) ini terdapat uraian dan penjelasan yang lebih jelas bahwa para pemuda itu adalah sekelompok orang yang menerima kebenaran adanya Allah SWT. dan mereka ini adalah pemuda yang lebih bisa menerima iman daripada orang-orang tua. Dalam sejarah peradaban Islam, mayoritas orang-orang yang menerima seruan Allah dan rasulnya adalah para pemuda.

Adapun para orang tua dari suku Quraisy, maka kebanyakan dari mereka tetap dalam keyakinannya tidak ada yang masuk Islam kecuali hanyalah sedikit. 

Dari ayat ini pula para ulama termasuk Imam Bukhari atau yang lainnya berpendapat bahwasanya: “Iman itu bisa bertambah dan bisa juga berkurang ketika imannya bertambah maka akan bertambah keutamaannya.”

Menurut sebagian para mufassir, agama para pemuda Ashabul Kahfi ini mengikuti agama Nabi Isa a.s. Akan tetapi sebagian mufasir yang lain, berpendapat bahwa mereka ini agamanya sebelum agama yang Nabi Isa a.s. ajarkan,

Dan pengulangan cerita tentang pemuda Ashabul Kahfi ini bertujukan sebagai bentuk kemukjizatan Nabi Muhammad yang Allah berikan di saat para pendeta Yahudi di Madinah menguji Nabi Muhammad SAW.

Para pendeta ini menguji baginda Nabi SAW. tentang kisah-kisah masa lalu yang tertera di dalam kitab Taurat termasuk cerita Dzulqornain tentang ruh.

Tafsir Munir Surat Al-Kahfi Ayat 13

Bahwa Baginda Nabi SAW. yang menjadi makhluk yang paling mulia mengatakan bahwa pemuda Ashabul Kahfi ini merupakan sekelompok pemuda yang beriman kepada Allah Swt.

Para pemuda tersebut beriman dengan tahqiq atau secara sadar penuh dan bukan ikut-ikutan.

Tafsir Baidhowi Surat Al-Kahfi Ayat 13

Melalui ayat ini yang dimaksud ‘ditambahi hidayah’ adalah para pemuda Ashabul Kahfi itu memiliki ketetapan iman sampai mati atau meninggal.

Penutup

Demikianlah kajian 4 tafsir dari Surah Al-Kahfi Ayat 13. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua

Baca juga: Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 14

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *