Whatsapp-Button

Tafsir Q.S Al Ankabut Ayat 26

Tafsir Q.S Al Ankabut Ayat 26

Tafsir Jalalain

Maka nabi membenarkan kenabian nabi ibrahim a.s, nabi luth sendiri adalah putra saudara laki-laki nabi ibrahim yang bernama harun( Harun saudara nabi ibraham bukan nabi harun saudara nabi isa ).Dannabi ibrahimpun berkata “ sesungguhnya saya itu adalah orang yang berpindah dari kaum ku menuju tempat yang di perintahkan oleh tuhanku, artinya tuhanku itu memerintahkan diriku untuk berpindah meninggalkan daerah kaum ku yakni berpindah dari daerah sekeliling irak menuju daerah syam ( palestina ). Sesungguhnya allah itu adalah dzat yang maha perkasa dalam kekuasaannya dan maha bijaksana terhadap ciptaannya.

Tafsir Ibnu Katsir

Allah swt memberikan informasi tentang keberadaan nabi ibrahim yang waktu itu ada orang yang beriman kepadanya yaiti nabi luthyang statusnya adalah putra dari saudara laki-laki nabi ibrahim,pada saat itu keteika nabi ibrahim berdakwah yang beriman dari kaumnya tidak ada selain nabi luth dan siti saroh istri nabi ibrahim itu sendiri.

Di dalam ayat ini allah juga menceritakan tentang keberadaan nabi ibrahim yang diperintahkan hijrah oleh allah dengan tujuan untuk menampakan agama.Dalam sebuah hasits nabi saw pernah bersabda:”nantinya akan ada hijrah setelah hijrah “. Sehingga mmanusia-manusia pilihan di bumi ini akan diwajibkan untuk hijrah sebagaiman hijrahnya nabi ibrahim a.s. yang tersisa nantinya dibumi ini adalah orang-orang yang tidak baik yang nantinya akan di kumpulkan di neraka bersama kera dan babi-babi.

Tafsir Munir

Bahwa ayat ini menunjukan keberadaan nabi luth yang menbenarkan semua ucapan nabi ibrahim. Dan setelah mendapatkan pernyataan dari nabi luth ini maka nabi ibrahimpun berkata :”sesungguhnya saya ini di perintahkan oleh tuhanku untuk menuju suatu daerah dengan meninggalkan daerah kufah(irak)untuk menuju daerah syam.kemudian nabi ibrahim berdiam diri di palestina dan nabi luth yang menjadi pengikut nabi ibraham berdiamdiri di

Baca Juga:  Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 23

daerah sadum(sekitar yordania).ketika nabi ibrahim tinggal di paletina umur beliau di usia 75 tahun.

Ayat ini ditutup dengan allah itu dzat yang maha perkasa dan bijaksana yang memiliki makna bahwa dengan perintah hijrah ini allah mencegah musuh-musuh ku unuk menyakitiku lagi dan tidak ada perintah allah kepadaku kecuali di dalam nya untuk kemaslahatan diriku.

Tafsir Baidhowi

Menurut satu riwayat bahwa luth dikisahkan mampu beriman kepada nabi ibrahim dimulai sejak beliau melihat nabi ibrahim yang tidak terbakar oleh api . setelah adaanya nabi luth yng beriman kepada nabi ibrahim maka nabi ibrahimpun berkata kepada nabi luth “bahwa saya di perintahkan oleh tuhanku untuk menuju tempat yang di perintahkan dan perintah ini adalah upaya untuk mencegah diriku dari kejahatan musuh- musuhku. Sesungguhnya tuhanku itu tidaklah memerintahkan sesuatu kecuali denan kemaslahatan yang akan kembali kepada diriku.

Yang melaksanakan hijrah adalah nabi ibrahim beserta nabi luth danjuga istrinya nabi ibrahim yang bernama siti saroh untuk menuju daerah syam yang nabi irahim dan siti saroh berdiam diri di palestina sedangkan nabi kuh berdiam diri di derah sadum ( yordania ).

Ponpes Darul Ulum Addiniyah - Melayani dan Bermanfaat Bagi Banyak Orang