Tafsir Al-Qur’an Surah Al-Kahfi Ayat 25

Tafsir Al-Kahfi ayat 25

Assalamualaikum sahabat DUA. Bagaimana kabar hari ini? Semoga selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Pada kesempatan kali ini penulis ingin melanjutkan kajian dari yang sebelumnya yaitu Tafsir Surah Al-Kahfi ayat 25. Nah sebelum membaca tafsirnya menurut 4 tafsir yakni tafsir Jalalain, tafsir Ibnu Katsir, tafsir Munir dan tafsir Baidhowi, mari kita baca terlebih dahulu ayat beserta terjemahnya.

Q.S Al-Kahfi Ayat 25

وَلَبِثُوْا فِيْ كَهْفِهِمْ ثَلٰثَ مِائَةٍ سِنِيْنَ وَازْدَادُوْا تِسْعًا

Bacaan Lainnya

Artinya:

Mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan di tambah sembilan tahun.

Tafsir Jalalain Surah Al-Kahfi Ayat 25 :

Para pemuda ashabul kahfi tinggal di dalam gua sealam 300 tahun dan di tambah 9 hari. Hitungan ahli kitab yang menggunakan kalender syamsiah para pemuda tinggal di dalam gua selama 300 tahun.

Akan tetapi menurut hitungan orang arab yang menggunakan kalender qomariah massa tinggal para pemuda ashabul kahfi selama 300 tahun 9 hari atau 309 tahun.

Tafsir Ibnu Katsir Surah Al-Kahfi Ayat 25 :

Ayat ini sebagai informasi dari Allah kepada baginda Rasulullah SAW mengenai kadar waktu yang di alami pemuda ashabul kahfi tinggal di gua masa selama 309 tahun.

Ini di hitung sejak mereka masuk kedalam gua sampai mereka menua di bangkitkan dari tidurnya.

Tafsir Munir Surah Al-Kahfi Ayat 25 :

Ayat ini di samping sebagai informasi dari allah tentang masa tinggal para pemuda ashabul kahfi di dalam gua. Sekaligus ayat yang menolak perdebatan ahlul kitab yang mereka sendiri berbeda pendapat tentang masa tinggalnya para pemuda ashabul kahfi tersebut.

Tafsir Baidhowi Surat Al-Kahfi Ayat 25 :

Kehidupan yang di tetapkan oleh allah kepada para pemuda ashabul kahfi saat mereka telinganya tertutup sehingga tertidur adalah penjelasan global yang menyatakan 309 tahun.

Itulah kajian tafsir Q.S Al-Kahfi ayat 25, semoga bermanfaat untuk para pembaca. Semoga kita semua mendapatkan ridho dari Allah Swt Amin Ya Robbal Alamin.

Baca juga Tafsir Q.S Al-Kahfi ayat 25

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *