Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 39

Tafsir Al-Kahfi Ayat 39

Assalamualaikum, kali ini kami akan melanjutkan kajian tafsir dari yang sebelumnya. Yakni Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 39. Sebelum membaca 4 tafsir mari kita baca terlebih dahulu ayat beserta terjemahannya menurut Al-Qur’an Kemenag

Q.S. Al-Kahfi : 39

وَلَوۡلَآ إِذۡ دَخَلۡتَ جَنَّتَكَ قُلۡتَ مَا شَآءَ ٱللَّهُ لَا قُوَّةَ إِلَّا بِٱللَّهِۚ إِن تَرَنِ أَنَا۠ أَقَلَّ مِنكَ مَالٗا وَوَلَدٗا ٣٩

Bacaan Lainnya

Artinya :

Dan mengapa kamu tidak mengatakan waktu kamu memasuki kebunmu “maasyaallaah, laa quwwata illaa billaah (sungguh atas kehendak Allah semua ini terwujud, tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah). Sekiranya kamu anggap aku lebih sedikit darimu dalam hal harta dan keturunan

Tafsir Jalalain Surat Al-Kahfi Ayat 39

Orang mukmin tersebut kemudian melanjutkan pernyataannya “Mengapa kamu (orang kafir) ketika telah memasuki kebunmu dan merasa keheranan atas kebunmu tidak mengucapkan“مَا شَآءَ ٱللَّهُ لَا قُوَّةَ إِلَّا بِٱللَّهِ” yang artinya : kebun yang mengagumkan ini adalah sesuatu yang telah di kehendaki oleh Allah, tidak ada kekuatan sama sekali kecuali kekuatan dari Allah.

Di dalam sebuah hadits Rasulullah Saw pernah bersabda “Siapa saja yang telah di beri oleh Allah sebuah kebaikan baik berupa keluarga ataupun harta.”

Kemudian orang tersebut mengucapkan ” مَا شَآءَ ٱللَّهُ لَا قُوَّةَ إِلَّا بِٱللَّهِ” maka orang tersebut tidak akan melihat sesuatu yang di benci pada kebaikan itu.

Tafsir Ibnu Katsir Surat Al-Kahfi Ayat 39

Melalui ayat ini Allah mengajarkan kepada kita semua melalui orang mukmin yang di lecehkan tadi. Tentang dorongan Allah kepada kita ketika melihat kekaguman dan semua nikmat dari Allah.

Maka kita memuji kepada Allah dan nikmat itu bisa saja nikmat berupa keluarga maupun harta yang tidak di berikan kepada selain kita.

Kemudian sebagian ulama salaf berkata “Siapa saja yang menemukan kekaguman atas sesuatu baik dari keadaannya, anaknya, hartanya maka hendaklah mengucapkan مَا شَآءَ ٱللَّهُ لَا قُوَّةَ إِلَّا بِٱللَّهِ . Rasulullah Saw pernah bersabda “Maukah kamu saya tunjukan sebuah gedung dari beberapa gedung di surga?” Rasulullah Saw menjawab ‘ucapan’لَاحَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِٱللَّهِ

Tafsir Munir Surat Al-Kahfi Ayat 39

Melalui ayat ini ketika kita melihat sebuah kekaguman maka haruslah di yakini bahwasanya semua yang terjadi adalah apa yang telah di kehendaki oleh Allah. Tidak ada suatu kekuatan apapun bagi seseorang untuk mewujudkan semua urusan kecuali hanyalah dengan pertolongan Allah dan batasan Allah.

Di riwayatkan dari Baginda Nabi Saw bahwa beliau pernah bersabda “Siapa saja ketika melihat sesuatu, kemudian dirinya kagum atas sesuatu itu kemudian dia mengucapkan مَا شَآءَ ٱللَّهُ لَا قُوَّةَ إِلَّا بِٱللَّهِ maka sesuatu yang mengagumkan itu tidak akan menimbulkan bahaya bagi dirinya.

Tafsir Baidhowi Surat Al-Kahfi Ayat 39

Ucapan “مَا شَآءَ ٱللَّهُ “ mengandung makna syartiah (sesuatu yang mengandung unsur syarat). Sedangkan jawabannya adalah kalimat yang terbuang yang jika ditakdirkan/dikira-kirakan. Maknanya adalah jika Allah menghendaki sesuatu bisa saja Allah melanggengkannya atau mewujudkannya.

Dan jika Allah menghendaki Allah bisa saja Allah menghancurkannya atau meniadakannya. Sedangkan makna  لَا قُوَّةَ إِلَّا بِٱللَّه adalah sebuah pengucapan pengakuan atas kelemahan diri kita dan sekaligus ucapan yang menunjukan kekuasaaan hanya milik Allah.

Sehingga apa saja yang mudah bagi kita untuk memakmurkannya dan mengaturnya maka sesungguhnya hal itu terjadi atas pertolongan dan kekuasaan Allah.   

Penutup

Demikianlah kajian 4 tafsir dari Surah Al-Kahfi Ayat 39. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Juga : Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 40

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *