Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 40

Tafsir Al-Kahfi Ayat 40

Assalamualaikum, kali ini kami akan melanjutkan kajian tafsir dari yang sebelumnya. Yakni Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 40. Sebelum membaca 4 tafsir mari kita baca terlebih dahulu ayat beserta terjemahannya menurut Al-Qur’an Kemenag

Q.S. Al-Kahfi : 40

فَعَسَىٰ رَبِّيٓ أَن يُؤۡتِيَنِ خَيۡرٗا مِّن جَنَّتِكَ وَيُرۡسِلَ عَلَيۡهَا حُسۡبَانٗا مِّنَ ٱلسَّمَآءِ فَتُصۡبِحَ صَعِيدٗا زَلَقًا ٤٠

Bacaan Lainnya

Artinya :

Maka mudah-mudahan Tuhanku, akan memberi kepadaku (kebun) yang lebih baik dari pada kebunmu (ini); dan mudah-mudahan Dia mengirimkan ketentuan (petir) dari langit kepada kebunmu; hingga (kebun itu) menjadi tanah yang licin.

Tafsir Jalalain Surat Al-Kahfi Ayat 40

Orang mukmin yang direndahkan oleh orang kafir dengan sebab harta, pengikut maupun keturunan kemudian melanjutkan ucapannya. ”Dan mudah-mudahan atau semoga Tuhanku itu (Allah Swt) akan memberikan kebun yang lebih baik daripada kebunmu.”

Kalimat ini adalah jawaban dari kalimat syarat sebelumnya ( مَا شَآءَ ٱللَّهُ لَا قُوَّةَ إِلَّا بِٱللَّهِ ). Dan Tuhanku akan menurunkan berbagai petir dari langit yang akan menghancurkan kebunmu. Sehingga kebunmu itu akan menjadi tanah yang lembut yakni keadaan tanah yang sangat lembut sehingga manakala telapak kaki menempel tidak bisa menetap.

Tafsir Ibnu Katsir Surat Al-Kahfi Ayat 40

Ucapan orang mukmin ketika di rendahkan orang kafir tentang dunia maka caranya adalah dengan memohon kepada Allah untuk diberi yang lebih baik daripada di dunia ini. Yakni memohon suatu yang lebih baik besok di akhirat.

Tafsir Munir Surat Al-Kahfi Ayat 40

Lafadzحُسۡبَانٗا tafsirnya adalah api sehingga maknanya adalah kesombongan orang kafir yang membanggakan hartanya itu di respon oleh orang mukmin yang dihinakan.

Untuk didoakan supaya kebun anggur yang di banggakan menjadi sirna dengan terbakar oleh api yang di turunkan dari langit.

Sehingga dengan terbakar api ini kebun itu menjadi tanah yang tandus yang tidak bisa di tanami sama sekali sebab kekufuran orang kafir tersebut.

Tafsir Baidhowi Surat Al-Kahfi Ayat 40

Lafadz حُسۡبَانٗا maknanya adalah petir. Adapun maksudnya do’a orang mukmin yang di hinakan oleh orang kafir di atas adalah bahwa amal yang jelek itu akan menjadi penyebab turunnya adzab atau kehancuran.

Penutup

Demikianlah kajian 4 tafsir dari Surah Al-Kahfi Ayat 40. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Juga : Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 41-42

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *