Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 44

Tafsir Al-Kahfi Ayat 44

Assalamualaikum, kali ini kami akan melanjutkan kajian tafsir dari yang sebelumnya. Yakni Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 44. Sebelum membaca 4 tafsir mari kita baca terlebih dahulu ayat beserta terjemahannya menurut Al-Qur’an Kemenag

Q.S. Al-Kahfi : 44

هُنَالِكَ الْوَلَايَةُ لِلّٰهِ الْحَقِّۗ هُوَ خَيْرٌ ثَوَابًا وَّخَيْرٌ عُقْبًا ࣖ

Bacaan Lainnya

Artinya :

”Di sana pertolongan itu hanya milik Allah Yang Mahabenar. Dia adalah (pemberi) pahala terbaik dan (pemberi) kesudahan terbaik.” (Terjemah Kemenag 2019)

Tafsir Jalalain Surat Al-Kahfi Ayat 44

Besok di hari kiamat pertolongan atau kekuasaan hanya milik Allah yang benar. Dan Allah itu adalah sebaik-baiknya Dzat yang memberi pahala atau balasan dari selain Allah walaupun selain Allah itu telah memberi balasan. Dan Allah itu adalah sebaik-baik Dzat yang memberi akhir kehidupan bagi orang mukmin.

Lafadz اْلوَلَايَةُ bila و nya dibaca fathah mempunyai makna ‘pertolongan’ dan bila dibaca kasroh   اْلوِلَايَةُ artinya adalah ‘kekuasaan’. Lafadz اْلحَقِّ  bila dibaca rofa maka menjadi mausuf dari lafadz   اْلوَلَايَةُ jika di baca jar maka menjadi sifat Allah.

Tafsir Ibnu Katsir Surat Al-Kahfi Ayat 44

Bahwasannya di saat hari kiamat kelak adalah tempat siksaan sesungguhnya, sehingga siapapun tidak bisa selamat kecuali yang mendapatkan pertolongan dari Allah.

Bahwa setiap orang mukmin atau kafir di hari kiamat itu, semuanya akan mengharap pertolongan kepada Allah dan penuh kerendahan diri untuk menghilangkan adzab itu.

Dan makna اْلوَلَايَةُ ini adalah hukum Allah yang benar atau haqiqi.

Tafsir Munir Surat Al-Kahfi Ayat 44

Bahwa besok di hari kiamat, kekuasaan mutlak ada dalam milik Allah. Yang Allah maksud adalah sebaik-baik Dzat memberi balasan di akhirat hanya berlaku bagi orang yang beriman kepada Allah dan bersandar hanya kepada Allah.

Sedangkan yang di maksud Allah dari lafadz خَيْرٌعُقْبًا bahwa akhir kehidupan yang baik itu hanya di berikan kepada orang yang mengharapkan ridho Allah dan beramal karena untuk mencari ridho Allah.

Tafsir Baidhowi Surat Al-Kahfi Ayat 44

Di hari kiamat kelak pertolongan hanya milik Allah. Dan Allah Swt itu akan memberikan pertolongan kepada para kekasih yang beriman kepadanya.

Penutup

Demikianlah kajian 4 tafsir dari Surah Al-Kahfi Ayat 44. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Juga : Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 45

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *