Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 54

Tafsir Al-Kahfi Ayat 54

Assalamualaikum, kali ini kami akan melanjutkan kajian tafsir dari yang sebelumnya. Yakni Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 54. Sebelum membaca 4 tafsir mari kita baca terlebih dahulu ayat beserta terjemahannya menurut Al-Qur’an Kemenag

Q.S. Al-Kahfi : 54

وَلَقَدْ صَرَّفْنَا فِيْ هٰذَا الْقُرْاٰنِ لِلنَّاسِ مِنْ كُلِّ مَثَلٍۗ وَكَانَ الْاِنْسَانُ اَكْثَرَ شَيْءٍ جَدَلًا

Bacaan Lainnya

Artinya :

Dan sesungguhnya Kami telah menjelaskan berulang-ulang kepada manusia dalam Al-Qur’an ini dengan bermacam-macam perumpamaan. Tetapi manusia adalah memang yang paling banyak membantah.

Tafsir Jalalain Surat Al-Kahfi Ayat 54

Kami (Allah) sungguh benar-benar telah menjelaskan di dalam Al-Qur’an ini berbagai macam perumpamaan bagi umat manusia. Supaya manusia itu bisa mengambil nasehat dari Al-Qur’an melalui perumpamaan-perumpamaan tersebut.

Dan manusia itu yakni manusia yang kafir (kafir hakiki dan kafir nikmat) adalah makhluk yang paling banyak membantah dalam urusan kebatilan.

Lafadz جَدَلًا tarkibnya adalah tamyiz (pembeda yang berfungsi menjelaskan), tamyiz itu di pindah dari isimnya kaana.

Sehingga maknanya bantahan-bantahan umat manusia itu adalah perilaku yang paling banyak di lakukan ketika mendengar kebenaran Al-Qur’an  daripada memperhatikan dan melaksanakan nasehat itu.

Tafsir Ibnu Katsir Surat Al-Kahfi Ayat 54

Melalui ayat ini Allah menegaskan tentang penjelasan Allah yang di sampaikan dalam Al-Qur’an yang bertujuan untuk menyelamatkan manusia agar tidak tersesat dari kebenaran.

Dan tidak keluar dari jalan yang sesuai petunjuk Allah. Di saat inilah Al-Qur’an berfungsi sebagai Al-bayan (penjelas) dan sebagai Al-Furqon (pemisah antara yang benar dan salah).

Kendati demikian manusia itu kebanyakannya adalah membantah, mendebat dan menentang perkara yang haq dengan kebatilan.

Kecuali orang-orang yang telah di beri hidayah oleh Allah dan di beri penglihatan yang benar oleh Allah untuk berjalan yang bisa menyelamatkan.

Tafsir Munir Surat Al-Kahfi Ayat 54

Allah Saw sungguh benar-benar telah menjelaskan Al-Qur’an dengan menggunakan berbagai metode yang banyak supaya manusia itu bisa mengambil manfaat kandungan Al-Qur’an.

Semua metode ini tujuannya adalah untuk mempermudah agar kebenaran Al-Qur’an bisa di amalkan oleh manusia. Akan tetapi melalui karakternya manusia kebanyakan menentang dan mendebat kebenaran-kebenaran Al-Qur’an. Baik dengan ucapan ma pun tidak dengan ucapan.

Tafsir Baidhowi Surat Al-Kahfi Ayat 54

Bahwa Al-Qur’an itu sungguh benar-benar telah di jelaskan oleh Allah dari setiap jenis persoalan yang di butuhkan oleh manusia. Akan tetapi manusianya itu sendiri tidak mau memperhatikan bahkan banyak yang menentangnya.

Penutup

Demikianlah kajian 4 tafsir dari Surah Al-Kahfi Ayat 54. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Juga : Tafsir Surah Al-Kahfi Ayat 55

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *